she.id

Bukti Ilmiah Rajin Salat Bisa Membuat Kamu Selalu Sehat

Bukti Ilmiah Rajin Salat Bisa Membuat Kamu Selalu Sehat
Ilustrasi Rahmah muslimah asal china. (Shutterstock)

She - Lima kali sehari, lebih dari 1,6 miliar muslim di seluruh dunia, rukuk, dan bersujud menempatkan dahi ke tanah, ke arah kota suci Mekkah, Arab Saudi, sebagai bagian dari salah satu dari ritual wajib, salat nyatanya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan peneliti membuktikan hal itu.

Dilansir dari Eurekalert, peneliti dari Binghamton University, State University of New York, gerakan fisik yang kompleks dalam salat dapat mengurangi nyeri punggung bagian bawah, tentu jika solat dilakukan secara teratur dan benar.

"Gerakan salat mirip dengan yoga atau latihan intervensi terapi fisik yang digunakan untuk mengobati nyeri punggung," kata Profesor dan Ketua Ilmu Sistem dan Teknik Industri Binghamton University, State University of New York, Mohammad Khasawneh.

Baca Juga: Doa Ini Lindungi Para Wanita dari Godaan Laki-laki
Cara Rasulullah SAW Mendidik Anak-anaknya

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Industrial and Systems Engineering itu disebutkan gerakan serupa salat juga ditemukan dalam ritual doa umat Kristiani dan Yahudi.

"Kesehatan fisik dipengaruhi oleh faktor sosial-ekonomi, gaya hidup dan agama. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara ibadah dan kewaspadaan mempertahankan gaya hidup sehat secara fisik," kata Khasawneh.

"Doa dan ibadah dapat menghilangkan stres fisik dan kecemasan, sementara ada juga penelitian yang menunjukkan ritual doa dapat dianggap sebagai pengobatan klinis efektif disfungsi neuro-muskuloskeletal," sambung dia.

Untuk sampai pada temuan itu, peneliti menganalisis...

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya