she.id

Lantai Masjidil Haram Selalu Sejuk, Ini Alasannya

Lantai Masjidil Haram Selalu Sejuk, Ini Alasannya
Nikita Willy (Instagram)

She -  Suasana terik yang memang menjadi bagian tak terpisahkan dari Kota Mekah, Arab Saudi. Setiap orang yang menjalankan ibadah haji atau umrah pasti mengalami pengalaman beribadah di tengah cuaca yang menguras energi ini.

Namun, rasa panas sengatan matahari akan segera enyah ketika menjejakkan kaki di Masjidil Haram. Salah satu hal yang paling terasa adalah kesejukan lantai masjid suci umat Islam ini.

Tak sedikit orang yang penasaran apa membuat lantai masjid ini terasa begitu dingin.

Rupanya rasa penasaran tersebut telah terjawab. Menurut keterangan General Presidency untuk Urusan Dua Masjid Suci, seperti yang dilansir Al Arabiya, kesejukan di Masjidil Haram berasal dari jenis marmer yang digunakan di sekitar masjid.

Baca Juga: Tangis Menantu Kenang Mendiang Momen Indah Ustaz Arifin Ilham
Cara Sederhana Ini Dapat Cegah Kulit Kering Saat Puasa

Bahan yang digunakan bukan berasal dari marmer biasa. Pemerintah Arab Saudi sengaja menggunakan bahan marmer langka yang berasal dari wilayah Thassos, Yunani.

Marmer ini memang dikenal dapat memantulkan panas terik matahari dan menjaga suhu lantai lebih baik dibandingkan jenis marmer lainnya.

Tak heran, para pengunjung Masjidil Haram tampak begitu nyaman saat melakukan ibadah di sekitar masjid atau saat mengelilingi Ka'bah. Sebab lantai masjid selalu terasa sejutu sehingga tak terlalu mengganggu jalannya ibadah.

Suasana sejuk di sekitar Masjidil Haram memang sempat menimbulkan perdebatan. Bahkan pihak berwenang di Arab Saudi mesti menjelaskan alasan darimana rasa sejuk itu berasal.

Pasalnya beberapa pihak mengklaim bahwa pemerintah Arab Saudi memasang pipa air dingin di bawah lantai marmer agar tetap terasa dingin.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya