she.id

Membaca Alquran Dapat Mencegah Alzheimer dan Pikun

Membaca Alquran Dapat Mencegah Alzheimer dan Pikun
Seseorang sedang mengaji ayat suci Alquran (Shutterstock)

She -  Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa aktivitas rutin membaca Alquran berpotensi menghindarkan orang dari ancaman penyakit alzeimer dan kepikunan dini. Pasalnya, aktivitas membaca Alquran yang dilakukan secara rutin dan tartil serupa dengan aktivitas senam lidah.

Seban lidah dilakukan untuk membiasakan syaraf lidah yang berhubungan dengan otak besar.

Seseorang yang sedang melakukan senam lidah biasanya menggerakan lidah ke depan, ke samping kanan dan kiri, yang secara tak sadar dilakukan saat membaca Alquran secara tartil.

Baca Juga: Divonis Lumpuh Otak, Namun Hafal Alquran Hingga Letak Halaman
Jika Orang Eskimo Puasa Ramadan, Ini Tantangan yang Harus Dihadap

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Banyumas, Lampung, KH Munawar Kholil seperti dilansir Nu.or.id. Menurutnya, makharijul huruf yang ada pada bacaan Alquran rupanya banyak yang mengandung gerakan senam lidah.

Usia tubuh manusia tentu saja terbatas dan akan menjadi tua dan lemah sejalan dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, tanda-tanda penuaan yang kerap muncul terlebih dahulu adalah kondisi lidah yang kerap terasa kaku dan terkadang menyebabkan lidah tergigit sendiri.

Seperti yang telah diketahui, Alquran sendiri merupakan mukjizat bagi umat manusia.

Namun nyatanya, kita suci umat Islam ini juga mampu memberikan banyak jalan keluar bagi mereka yang mendalaminya secara serius seperti fungsi yang diberikan Allah SWT kepada Alquran sebagai pentunjuk bagi manusia.

Sebagai pencipta manusia, maka Allah yang tahu dan paling berhak membuat petunjuk bagi manusia. Yang kedua adalah sebagai penjelasan dari petunjuk.

Artinya, Allah SWT memberikan petunjuk akan satu hal tidak hanya dalam satu ayat saja, tetapi biasanya diperjelas lagi pada beberapa ayat, bisa berurutan, atau tidak. Ketiga adalah sebagai pembeda antara yang benar dan yang salah.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya