she.id

Warga Kota Riyadh Rupanya Merayakan Lebaran Seperti di Indonesia

Warga Kota Riyadh Rupanya Merayakan Lebaran Seperti di Indonesia
Ilustrasi lebaran (Shutterstock)

She -  Muslim di berbagai negara memiliki kebiasaan dan tradisi tersendiri saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Ada berbagai hal unik yang dilakukan untuk mengekspresikan rasa syukur mereka dapat merayakan hari suci bagi umat Islam tersebut.

Di Kota Riyadh, Arab Saudi, seorang muslim bernama Sultan berusia 25 tahun menceritakan hal unik apa saja yang dilakukan masyarakat di kotanya saat merayakan hari pertama lebaran.

Menurut Sultan, kebiasaan lelaki di kotanya saat menyambut hari pertama lebaran adalah mendatangi tukang cukur dan memastikan bahwa pakaian mereka bersih. Ia sendiri mengaku selalu menjahit thobe (jubah) khusus untuk Idul Fitri yang diwarisinya dari kebiasaan ayahnya.

Gerai-gerai di seluruh mal, toko, kios barbekyu, dan tukang jahit di Riyadh seketika menjadi ramai saat malam hari.

Baca Juga: Jika Orang Eskimo Puasa Ramadan, Ini Tantangan yang Harus Dihadap
Wacana Bekerja Sebagai Ibu Rumah Tangga Akan Dapat Gaji Perbulan

Semua orang sibuk di mana-mana. Saat hari lebaran tiba, rupanya kebiasaan di Riyadh serupa dengan kebiasaan yang dilakukan umat Islam di Indonesia.

Setelah salat Idul Fitri, mereka akan saling berjabat tangan dengan para tentangga sebagai simbol saling memaafkan kesalahan bersama antar sesama.

Usai salat, tutur Sultan, biasanya mereka akan pergi ke kediaman kakeknya untuk menghadiri perayaan bersama keluarga besar.

Tentu saja, selain akan banyak makanan khas lebaran, rupanya masyarakat di Riyadh juga biasa memberikan 'éidiyya' kepada anggota keluarganya yang masih kecil dan yang lebih tua.

Tradisi mudik juga dilakukan oleh banyak Muslim di Riyadh. Beberapa kawan Sultan yang berasal dari kota lain rupanya semua pergi ke kampung halaman mereka setiap Idul Fitri.

Tak ada yang mau melewatkan pertemuan keluarga, terutama pada hari suci lebaran, ujar Sultan seperti dilansir Saudi Gazette.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya