she.id

Ini Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Sehari Hindari Berbagai Penyakit

Ini Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Sehari Hindari Berbagai Penyakit
ilustrasi lari (shutterstock).

She - Masyarakat kota besar dengan aktivitas yang super sibuk selalu menjadikan pekerjaan dan kemacetan untuk tidak berolahraga.

Padahal, siapa bilang olahraga yang menyehatkan hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran atau gym?

Dilansir dari Mirror, berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari saja sudah memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh.

"Kalau memang sudah ada pil yang bisa membuat seseorang sehat dan bugar dengan sekali telan, boleh saja malas bergerak. Tapi kenyataannya kan tidak," ujar Rob Copeland, profesor aktivitas fisik di Sheffield Hallam University dan Walking Ambassador for Westfield Health.

"Lebih baik sedikit daripada tidak sama sekali, terutama bagi orang-orang yang biasanya tidak aktif. Sepuluh menit berjalan cepat bisa memberi dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan kamu," lanjutnya

Berjalan bisa membantu melindungi kamu dari penyakit mematikan seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker. Ini juga bisa mengatasi stres, membuat kamu terlihat dan merasa lebih muda. Bahkan bisa memberi kamu kulit yang lebih halus.

Yang terbaik, 30 menit pertama latihan yang kamu lakukan setiap minggu memberikan manfaat terbesar.

Semakin banyak yang kamu lakukan - seperti berjalan 10, 20 atau 30 menit setiap hari - semakin baik tubuh kamu akan merasakannya setiap saat.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Wanita 'Chubby' Buat Pasangan Lebih Bahagia
Wanita Ternyata Lebih Banyak Butuh Waktu Tidur Daripada Pria

Inilah bukti bahwa berjalan benar-benar obat terbaik buat kesehatan:

Jantung

Berjalan selama 30 menit setiap minggu bisa memangkas risiko penyakit jantung sebesar 11%. Jantung yang lebih kuat dapat memompa lebih banyak darah dengan setiap irama sehingga tidak harus bekerja begitu keras.

Berjalan juga bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah. Hal ini juga mengurangi risiko penyakit jantung kamu dengan membantu menjaga arteri tetap sehat dan mencegah bahaya penyumbatan.

Paru-paru

Saat berjalan bisa meningkatkan kapasitas jantung. Kamu tidak dapat mengubah ukuran paru-paru, namun ini bisa membantu tubuh kamu memanfaatkan oksigen dengan lebih baik dari suplai paru-paru.

Perut

Salah satu cara yang paling jelas berjalan bisa membuat kamu merasa lebih muda dan lebih sehat adalah dengan membantu menurunkan berat badan. Berjalan meningkatkan metabolisme tubuh, membuat tubuh kamu membakar kalori dan lemak lebih cepat.

Berjalan kencang selama 45 menit harus cukup membuat tubuh kamu mulai membakar cadangan lemak, yang bisa mempercepat penurunan berat badan.

Kulit

Olahraga sedang, seperti jalan cepat, meningkatkan aliran darah ke kulit, menjaga sel tetap sehat dan terlihat sehat. Aliran darah yang meningkat juga membawa lebih banyak produk limbah seperti radikal bebas, yang merupakan penyebab keriput.

Dermatologist Ellen Marmur mengatakan: "Kamu bisa menganggapnya sebagai membersihkan kulit Anda dari dalam."

Tulang

Saat kamu berjalan dan bergerak, otot kamu menarik tulang. Itu mungkin terdengar seperti itu akan melemahkan tulang kamu, tapi justru memperkuatnya.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya