she.id

Cara Sederhana Bikin Kulit Kaki Mulus Bebas Masalah
ilustrasi menghilangkan bau kaki (shutterstock).

She - Ingin kaki mulus bebas masalah? ternyata ada cara sederhananya loh tak perlu merogoh kocek dalam untuk perawatan.

Seperti diketahui kaki merupakan bagian tubuh yang paling langsung terkena debu, kotoran, polusi, infeksi dan nyeri tumit. Maka dari itu, sangatlah penting memanjakan kaki dengan merawatnya.

Dikutip dari thehealthsite, Meghna Gupta, Cosmetic Dermatologist and Director di Delhi Skin Centre, merekomendasikan beberapa tips praktis untuk mencegah kaki pecah-pecah dan berkeringat.

1. Penting untuk selalu memperhatikan jamur yang ada di kaki.

2. Setelah dicuci dengan sabun khusus, oleskan krim kaki agar kulit kaki tetap lembut. Carilah pelembab dengan AHA atau asam laktat.

3. Cobalah untuk menjaga kuku kaki tetap pendek, sehingga meminimalkan debu atau kotoran yang masuk di dalamnya.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Dahsyat Bawang Bombay untuk Perawatan Rambut
Tips Mengembalikan Kebugaran Tubuh Usai Mudik Lebaran

4. Kulit kaki kering dan pecah-pecah juga merupakan tanda dehidrasi. Maka dari itu, penuhi kebutuhan air setiap harinya. Jika perlu, konsumsi pula lebih banyak buah dan sayuran.

Sementara itu, cobalah untuk menghindari atau mengurangi kopi maupun teh.

5. Kebiasaan sehat menggosok kaki juga menjadi cara alami untuk mencegah masalah kaki yang umum seperti tumit retak dan rasa lelah di kaki. Karena, kaki kasar pasti membuat tidak nyaman saat memakai sepatu. Cobalah menggosoknya dengan menggunakan batu apung, bulu sikat untuk kaki atau krim pengelupasan kulit.

6. Bila tidak memiliki waktu mengunjungi spa atau salon, bisa menyiapkan masker kaki untuk kaki yang retak dan kering. Caranya, siapkan dua sendok makan bubuk oatmeal, 1/2 sendok makan madu dan 1/2 sendok makan minyak zaitun.

Lalu buat menjadi pasta kental. Kemudian oleskan masker pada kaki dan diamkan selama setengah jam. Jika sudah, bilas hingga bersih dengan air dan berikan sedikit pijatan lembut dan juga pelembab.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya