she.id

Bahaya Merokok dan Terpapar Asap Rokok Bagi Ibu Hamil

Bahaya Merokok dan Terpapar Asap Rokok Bagi Ibu Hamil
Ilustrasi Berhenti Merokok (Pixabay)

She - Bagi wanita, tentu saat hamil adalah masa-masa sulit dan menegangkan. Selama 9 bulan di kandungan, tentu kita ingin bayi yang lahir sehat dan dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Untuk itu wanita hamil harus menjaga pola kesehatan termasuk pola makan mereka. Salah satunya adalah dengan tidak merokok atau terpapar asap rokok selama masa kehamilan.

Seperti dilansir dari Daily Mail, salah satu dampak mengerikannya bagi wanita hamil adalah mereka terancam tidak memiliki cucu.

Seorang anak perempuan yang terkena dampak tembakau saat dalam kandungan lebih cenderung mengalami keguguran saat mereka hamil nanti.

Efek merusak rokok di dalam rahim juga meningkatkan peluang mereka untuk melahirkan secara prematur.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Dahsyat Bawang Bombay untuk Perawatan Rambut
Cegah Obesitas dan Diabetes dengan Buah Ini

Menurut penelitian Inggris pada Mei lalu yang dilakukan pada 12.000 wanita yang memiliki kebiasaan merokok menemukan bahwa campuran bahan kimia yang kuat yang ditemukan dalam asap rokok menghancurkan hati anak-anak yang belum lahir.

Selain itu rokok bisa membatasi suplai oksigen esensial pada bayi. Akibatnya, jantung mereka berdetak lebih keras setiap kali ibunya merokok.

Rokok juga berbahaya karena meningkatkan risiko komplikasi pada kehamilan dan kelahiran, cenderung memiliki kehamilan dan bayi yang tidak sehat, dan meningkatnya risiko kematian pada bayi lahir.

Merokok saat hamil juga dapat menyebabkan bera bayi yang dilahirkan lebih ringan dibanding bayi lainnya yang dilahirkan bukan dari ibu perokok.

Temuan ini belum memberi bukti lebih jauh tentang seberapa berbahaya merokok bagi wanita hamil.

Tetapi secara mengejutkan ilmuwan Universitas Edinburgh menyatakan efeknya berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya