she.id

Tak Punya Uang! Ini Janji Allah SWT Untuk yang Berani Menikah

Tak Punya Uang! Ini Janji Allah SWT Untuk yang Berani Menikah
Ilustrasi lokasi pernikahan di tengah Samudera Hindia. (Shutterstock)

She - Pernikahan adalah fitrah manusia, maka dari itu Islam menganjurkan untuk menikah karena nikah merupakan gharizah insaniyyah (naluri kemanusiaan).

Apabila gharizah (naluri) ini tidak dipenuhi dengan jalan yang sah, yaitu pernikahan, maka ia akan mencari jalan-jalan syaitan yang menjerumuskan manusia ke lembah hitam.

Namun, tak sedikit masyarakat yang enggan menyegerakan pernikahan dengan alasan belum mampu dalam segi materi atau harta dan takut miskin.

Tahukah kamu? Bahwa materi sesungguhnya tidak pantas dijadikan alasan untuk menunda pernikahan. Karena dalam firman-Nya, Allah SWT berjanji untuk mencukupkan bagi siapa saja hamba-Nya yang menikah.

Baca Juga: Begini Cara Khusus Memikat Hati Muslimah Berhijab
Begini Cara Sederhana Bahagiakan Suami, Penting Dibaca Para Istri

"Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, serta orang orang yang layak (berkawin) dari hamba hamba sahayamu yang lelaki serta hamba hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui." Begitulah janji Allah dalam QS An Nuur : 32.

Imam Alqurtubi, mengatakan, ayat itu mengandung makna, bahwa jangan biarkan kemiskinan seseorang laki laki serta seseorang wanita jadi satu alasan untuk tidak menikah semata semata meperoleh ridha Allah SWT serta mencari tempat perlindungan dari ketidak patuhan pada-Nya, Allah akan memampukannya serta Allah akan mengkayakannya.

Ayat itu adalah bukti bahwa menikah itu tidak pandang bulu. Anda diperbolehkan menikahi orang miskin.

Oleh karena itu, tidak semestinya anda berkata, "Bagaimana saya akan menikah bila saya tidak miliki uang?"

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya