she.id

Makanan Ini Hindari Liver Kamu Terserang Penyakit

Makanan Ini Hindari Liver Kamu Terserang Penyakit
ilustrasi sakit pada bagian perut (shutterstock)

She - Banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan jantung, paru-paru maupun tulang.

Sayangnya, jika sudah menyangkut kesehatan liver atau organ hati, banyak orang yang masih belum tahu cara menjaganya.

Padahal, jika liver kamu sudah terganggu, efek negatifnya bisa dirasakan seluruh tubuh.

Sebab, liver berfungsi untuk menyaring racun-racun yang masuk ke dalam tubuh, entah itu dalam bentuk makanan atau dihirup dari hidung.

Jika tidak bisa tersaring karena liver mengalami gangguan, otomatis racun akan dengan bebasnya mampir ke organ tubuh lainnya.

Karena itu, jangan mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan liver.

Dan, Berikut ini beberapa makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan liver kamu seperti dilansir dari laman Health.com:

1. Bawang putih

Bawang putih dikenal karena sifat antioksidannya yang kaya. Bawang putih mengandung allicin, salah satu antioksidan yang paling dikenal. Ini membantu dalam melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan membantu merangsang hati untuk mengaktifkan enzim yang pada gilirannya membantu menyiram keluar zat beracun yang dapat membahayakan hati.

2. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin. Curcumin dikenal kaya akan antioksidan, anti-inflamasi dan anti bakteri. Kunyit membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif sehingga mencegah hati dari segala jenis penyakit.

3. Wortel

Dikenal dengan khasiat antioksidannya yang kaya, wortel mengandung vitamin, mineral, dan serat makanan penting. Minum segelas jus wortel dengan demikian membantu mengurangi asam lemak dan zat beracun dari hati.

Baca Juga: Coba Infused Water Kurma Minuman Rahasia Sehat Rasullulah SAW
Takaran Minum Kopi Satu Hari yang Pas Menurut Ahli Kesehatan

4. Teh Hijau

Teh hijau dikenal karena sifat antioksidannya yang kaya. Yang terpenting, teh hijau mengandung katekin, polifenol penting yang membantu mengeluarkan racun dari hati dan membuat mereka tetap sehat. Minum 2-3 cangkir teh hijau secara teratur.

5. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan juga dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Mengkonsumsi 3-4 irisan alpukat secara teratur membantu menekan segala jenis kerusakan hati.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak baik. Berbeda dengan minyak goreng lainnya, minyak zaitun dianggap terbaik untuk liver kamu. Minyak zaitun membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida serum dan meningkatkan sensitivitas insulin dan oksidasi lipid. Ini membantu dalam menjaga kesehatan liver kamu.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya