she.id

Stres Saat Hamil, Anak Lahir Cenderung Akan Kidal

Stres Saat Hamil, Anak Lahir Cenderung Akan Kidal
ilustrasi ibu hamil memeriksakan kandungan

She - Stres bisa dialami oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Wanita yang mengalami stres ketika hamil cenderung akan melahirkan anak yang kidal.

Sebuah Penelitian di Swedia juga mengungkapkan hasil bahwa wanita yang mengalami depresi atau stres selama kehamilan cenderung memiliki anak kidal.

Kidal, kecenderungan untuk menggunakan anggota tubuh sebelah kiri ketimbang yang kanan, bukanlah suatu kecacatan. Ia tidak lebih dari dominasi fungsi belahan otak yang berbeda dari kebanyakan orang.

Dalam hal ini perlu dibedakan antara kidal sebagai bawaan dengan yang disebabkan oleh penyakit pada otak (misalnya ensefalitas).

Baca Juga: Jaga Tubuh Tetap Bugar, Perhatikan Porsi Sarapan dan Makan Malam
Begini Aturan Penyimpan Buah dan Sayur yang Tepat

Sebenarnya tidak ada masalah antara dominasi otak kiri atau otak kanan, karena keduanya mempunyai kelebihan masing-masing.

Orang yang didominasi oleh otak bagian kiri (memakai tangan kanan), memiliki kemampuan berhitung, nalar sistematik yang lebih bagus dan bersifat lebih rapi.

Sedangkan orang yang didominasi oleh otak bagian kanan (memakai tangan kiri), memiliki kemampuan abstrak yang lebih bagus, memiliki jiwa seni dan ekspresi perasaan yang lebih bebas.

Namun ada juga orang yang berhasil tidak hanya dalam satu bidang, artinya ia telah mampu untuk mengasah kedua bagian otaknya secara seimbang.

Kebanyakan manusia memproses bahasa di otak kiri mereka, bagian yang mengontrol gerakan anggota badan di sisi kanan.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya