she.id

Ini Penjelasan Anjuran Rasulullah SAW Kencing Jongkok

Ini Penjelasan Anjuran Rasulullah SAW Kencing Jongkok
ilustrasi Toilet umum yang sering digunakan

She - Sebagian dari kaum pria mungkin saat ini akan terasa asing dengan kencing dalam keadaan jongkok. Namun siapa sangka, bahwa kencing jongkok sangat dianjurkan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Dari 'Aisyah ra, dia berkata;

"Barangsiapa yang menceritakan kepada kalian bahwa Nabi SAW buang air kecil sambil berdiri maka janganlah kalian percaya. Karena tidaklah pernah buang air kecil, kecuali sambil duduk (jongkok)." (HR. at-Tirmidzi dan an-Nasai).

Namun, beberapa pendapat mengenai hadis di atas sebatas apa yang dilihat 'Aisyah di rumah, dan tidaklah Rasulullah SAW melarang kencing berdiri.

Menurut Abu Hurairah, Umar, Hudzaifah, Zaid bin Tsabit, Ali, Anas, Ibnu Umar Rasulullah SAW pernah kencing sambil berdiri.

Hudzaifah ra mengatakan;

"Nabi SAW pernah mendatangi tempat pembuangan sampah milik suatu kaum, lalu beliau kencing sambil berdiri. Kemudian beliau meminta diambilkan air. Aku pun mengambilkan beliau air, lalu beliau berwudhu dengannya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka, berdasarkan hadis di atas, kencing berdiri ataupun jongkok keduanya diperbolehkan.

Baca Juga: Membaca Alquran Dapat Mencegah Alzheimer dan Pikun
Begini Cara Khusus Memikat Hati Muslimah Berhijab

Namun, Rasulullah Saw sangat menganjurkan untuk kencing sambil jongkok, tidak berdiri. Lantas apa bedanya kencing berdiri dengan jongkok?

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa Rasulullah Saw sangat menganjurkan kencing jongkok sebagaimana beliau lebih sering melakukann hal tersebut.

Pastinya, setiap apa-apa yang sudah dianjurkan dalam Islam, pastilah ada manfaat dan pembedanya. Termasuk kencing jongkok. Berikut manfaat kencing jongkok.

Pertama kencing jongkok mencegah terhindar dari kencing batu, kanker prostat dan lemah syahwat.

Kedua kencing jongkok mampu mengeluarkan semua air kencing yang ada pada kantung kemih. Hal ini terjadi saat posisi jongkok, kantung kemih mendapat tekanan. Oleh karena itu seluruh air kencing bisa keluar.

Catatan, saat kencing berdehemlah 3x guna memberikan tekanan tambahan sehingga tidak ada lagi sisa-sisa air kencing pada kantung kemih.

Ketiga kencing jongkok menghindari diri kita dari cipratan air kencing yang mampu membawa kita pada Azab kubur. Semoga kita semua bisa mengambil apa-apa yang baik dan meninggalkan yang buruk. Aamin ya Rabbal alamin.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya