she.id

Fakta Dibalik Pasangan yang Berjodoh Itu Memiliki Muka Mirip

Fakta Dibalik Pasangan yang Berjodoh Itu Memiliki Muka Mirip
Foto pernikahan pasangan selebriti, Raisa Andriana (kanan) dan Hamish Daud Willy (kiri). (HO/Bridestory)

She - Kamu pasti sering dengar tentang mitos bahwa pasangan yang berjodoh itu mirip.

Mitos ini berkembang di Indonesia dan banyak yang percaya. Semakin mirip seorang pria dan wanita, sering dikatakan itulah jodohnya.

Penelitian menjawab kebenaran mitos ini. Dua orang yang saling mencintai memang mempunyai ikatan emosional yang sangat kuat.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa seiring bertambahnya umur, dua orang suami istri lama kelamaan makin mirip.

Dikutip dari brightside.me, Robert Zanjonc seorang psikolog sosial Amerika membandingkan foto pasangan di hari pernikahannya dengan foto mereka 25 tahun kemudian.

Penelitiannya membuktikan bahwa meski awalnya suami istri tak mirip satu sama lain, tapi sekitar 25 tahun kemudian mereka terlihat sangat mirip.

Hasil survei itu juga menunjukkan bahwa makin bahagia pasangan, makin mirip wajah mereka.

Baca Juga: Allah Tak Suka Jika Hambanya Tidur Usai Salat Subuh, Mengapa?
Rasulullah SAW Anjurkan Makan Semangka, Kenapa?

Para ahli percaya bahwa semakin miripnya pasangan suami istri menunjukkan seberapa puas mereka di masa pernikahan. Intinya, pasangan yang bahagia akan tampak semakin mirip. Semakin besar kemiripan, maka semakin bahagia pula mereka.

"Penuaan adalah sesuatu yang dialami bersama-sama oleh pasangan," ujar Shannon Mejia, seorang peneliti dari University of Michigan.

"Kamu berdua berada di lingkungan yang sama, dan kamu tumbuh bersama di lingkungan yang sama, dan membuat keputusan bersama-sama," tambah Mejia.

Mejia dan rekan-rekan peneliti melakukan studi terhadap 1.568 orang yang tersebar di seluruh Amerika Serikat. Orang-orang ini sudah menikah paling tidak selama 20 tahun sampai 50 tahun.

Mereka berasal dari berbagai latar belakang sosial ekonomi dengan pendapatan, pekerjaan, keluarga dan kondisi kesehatan yang berbeda-beda.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya