she.id

Allah SWT Jadikan Mereka Kaya Jika Berani Menikah

Allah SWT Jadikan Mereka Kaya Jika Berani Menikah
Simbol Cinta Pernikahan Menikah. (Foto: alansaar.org.uk)

She - Banyak faktor yang membuat seseorang belum menikah. Yang paling umum adalah karena belum punya calon.

Tapi buat mereka yang sudah memiliki calon pasangan, tak sedikit juga yang masih menunda pernikahan.

Alasan yang biasanya muncul adalah karena belum punya cukup biaya untuk pernikahan.

Kekhawatiran seperti "Darimana membiayai pembelian atau kontrak rumah setelah menikah?" atau "Bagaimana membiayai kebutuhan rumah tangga sehari-hari?" juga semakin menekan nyali seseorang untuk meminang pasangannya dan melangsungkan ijab qobul pernikahan.

Tahukah kamu? Bahwa materi sesungguhnya tidak pantas dijadikan alasan untuk menunda pernikahan. Karena dalam firman-Nya, Allah SWT berjanji untuk mencukupkan bagi siapa saja hamba-Nya yang menikah.

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, serta orang orang yang layak (berkawin) dari hamba hamba sahayamu yang lelaki serta hamba hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui.” Begitulah janji Allah dalam (QS An Nuur; 32).

Baca Juga: Alasan Mengapa Santriwati Layak Dijadikan Istri Idaman
Ajarkan Doa Ini Ingin Anak Selalu Dalam Lindungan Allah SWT

Imam Alqurtubi, mengatakan, ayat itu mengandung makna, bahwa jangan biarkan kemiskinan seseorang laki laki serta seseorang wanita jadi satu alasan untuk tidak menikah.

Karena jika menikah semata semata memperoleh ridha Allah serta mencari tempat perlindungan dari ketidak patuhan pada-Nya, Allah SWT akan memampukannya serta Allah akan mengkayakannya.

Ayat itu adalah bukti bahwa menikah itu tidak pandang bulu. Anda diperbolehkan menikahi orang miskin.

Oleh karena itu, tidak semestinya anda berkata, “Bagaimana saya akan menikah bila saya tidak miliki uang?”

Merujuk pada pemaparan pemaparan tersebut, tidak sepatutnyalah kita takut menikah hanya karena kita miskin, justru saat miskin itulah kita harus berani menikah.

Coba pahami dan resapi perkataan sahabat Nabi di bawah ini, kalau kalian masih takut miskin karena menikah, maka pertanyakan keimananmu!

“Patuhilah Allah SWT dalam apa apa yang Dia telah perintahkan padamu untuk menikah. Dia akan memenuhi janji-Nya untuk membuatmu kaya.” (Abu Bakar Ash Shiddiq)

Pernikahan adalah fitrah manusia, maka dari itu Islam menganjurkan untuk menikah karena nikah merupakan gharizah insaniyyah (naluri kemanusiaan).

Apabila gharizah (naluri) ini tidak dipenuhi dengan jalan yang sah, yaitu pernikahan, maka ia akan mencari jalan-jalan syaitan yang menjerumuskan manusia ke lembah hitam. 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya