she.id

Ini Khasiat Dahsyat Cengkeh untuk Kesehatan

Ini Khasiat Dahsyat Cengkeh untuk Kesehatan
Cengkeh mampu meregenerasi sel sel yang rusak

She -  Bumbu dapur yang satu ini bukan hanya menjadi penyedap masakan saja, tetapi juga menyimpan khasiat untuk kesehatan.

Cengkeh merupakan tanaman apotek hidup yang memiliki fungsi dalam mengatasi berbagai macam penyakit. 

Menurut National Nutrient Database for Standard Reference, dalam 100 gram cengkeh terdapat kandungan 65 gram karbohidrat, 2 gram glukosa, 33 gram serat, 6 gram protein dengan, 274 kcal energi dan mineral. Selain itu, dalam cengkeh juga terkandung mangaan dan sejumlah mineral lain seperti zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, potasium, sodium, zink dengan sejumlah vitamin utamanya adalah vitamin B3, B12, B1, K dan D.

Nah, berikut manfaat cengkeh yang dapat mengatasi berbagai penyakit yang telah kami himpun dari berbagai sumber:

1. Membantu Regenerasi Sel

Segala jenis senyawa yang bisa bekerja sebagai antioksidan jelas memiliki manfaat sebagai anti karsinogen, yakni kemampuan mencegah kadar toksin dalam tubuh bekerja merusak fungsi tubuh dan melakukan perubahan dan mutasi dalam proses regenerasi sel.

2. Membantu Menjaga Kondisi Tulang

Sejumlah flavonoid dan euganol dalam tulang terbukti bisa bekerja membantu mengatasi pelarutan kalsium berlebihan yang bisa mengurangi kepadatan tulang.

Bahkan sejumlah daerah di Indonesia mengenal minyak cengkeh sebagai pengobatan tradisional dalam mengatasi patah tulang. Kandungan mangaan juga bermanfaat menguatkan struktur tulang.

Baca Juga: Lawan Obesitas dengan Bumbu Dapur Ini, Ajaib!
Jus Wortel atau Wortel Utuh, Pilih Mana untuk Kesehatan

3. Mengurangi Pertumbuhan Sel Kanker Paru Paru

Sifat anti karsinogen ini penting untuk mencegah pembentukan sel kanker dan pra kanker.

Sebuah laporan tes diterbitkan oleh Oxford Journal 2006, menunjukan adanya efektivitas ekstrak cengkeh dalam mengurangi intensitas pertumbuhan sel kanker paru-paru. 

4. Mencegah Diabetes

Mangaan berdasar data herbal UGM dikatakan sebagai salah satu senyawa mineral yang mampu bekerja meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa. Mangaan juga membantu memaksimalkan pembuangan glukosa berlebihan dari darah.

Dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2005 dikatakan bahwa senyawa dalam cengkeh bekerja mendorong produksi enzim glukoneogenik yang bekerja menetralisir kelebihan glukosa dan membuangnya dari dalam tubuh ketimbang mengubahnya menjadi cadangan gula.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya