she.id

Hati-hati! Bahaya Tak Teduga Jika Suka Ikut Kuis di Facebook

Hati-hati! Bahaya Tak Teduga Jika Suka Ikut Kuis di Facebook
Facebook Video (video advertising news)

She - Apakah kamu suka mengikuti kuis atau survei di media sosial? Jika jawabnya iya atau bahkan sering, saatnya kamu berpikir ulang karena bisa jadi ulah hacker untuk mendapatkan data pribadi pengguna media sosial.

Facebook melalui keterangan resminya mengungkap aksi dua hacker asal Ukraina, Andrey Gorbachov dan Gleb Sluchevsky yang menggunakan kuis dan survei online untuk mengakses data pribadi pengguna Facebook.

Menurut perusahaan media sosial berbasis di Amerika Serikat tersebut, Data pribadi yang dicuri adalah kontrol atas peramban internet pada komputer, informasi privat di akun Facebook serta daftar teman, termasuk yang tidak ditampilkan ke publik.

"Mereka menggunakan kuis dan survei dengan judul seperti, "Apa warna matamu menceritakan tentang kepribadianmu?", untuk mendapatkan keuntungan mengakses data pribadi pengguna Facebook dan menargetkan para pengguna dengan iklan-iklan dari yang tak berwenang."

Baca Juga: Jangan Buang Biji Pepaya! Ini Manfaatnya Jika Dikonsumsi
Apa Fungsi Sebenarnya Lekukan di Atas Bibir

Temuan ini mengingatkan publik akan skandal Cambridge Analytica. Perusahaan data iyang bekerja untuk pemenangan Donald Trump pada Pilpres AS 2016 disebut mengumpulkan data hingga puluhan juta pengguna Facebook di Negeri Paman Sam tanpa diketahui penggunanya.

Caranya mirip dengan apa yang dilakukan dua hecker asal Ukraina tersebut, yakni menggunakan kuis atau survei daring di Facebook.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya