she.id

Penjelasan Mengapa Jumat Jadi Hari Yang Istimewa Untuk Umat Islam

Penjelasan Mengapa Jumat Jadi Hari Yang Istimewa Untuk Umat Islam
Ilustrasi. Berwudu. (Foto: Pixabay)

She - Tak sedikit orang yang lupa akan perputaran waktu termasuk nama hari. Apalagi untuk memahami makna hari. hari Jumat. Apa itu Jumat?, Dan apa keistimewaannya dibandingkan dengan hari-hari yang lain?

Dzikrullah (Mengingat Allah), "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram" (Qs Ar-Ra’du 28).

Jumat, yang secara utuh diserap dari kata Arab-Qurani, berasal dari akar kata jama’a-yajma’u-jam’an, artinya: mengumpulkan, menghimpun, menyatukan, menjumlahkan, dan menggabungkan.

Meski secara umum dan keseluruhan semua hari termasuk Jumat dalam seminggu itu bisa dikatakan sama atau tidak ada bedanya. Namun hari Jumat bagi kaum muslim, dipastikan memiliki keistimewaan tersendiri.

Bagi umat Islam, yang masih sempat atau sengaja menyempatkan diri untuk merenungkan makna-makna hari, paling sedikit didasarkan pada alasan utama tentang kebesaran hari Jumat;

1. Jumat Adalah Sebaik-baik Hari

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda;

"Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jumat, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at."(HR Muslim).

2. Kewajiban Salat Jumat

Kewajiban salat Jumat merupakan sebesar-besar kewajiban Islam yang paling ditekankan dan seagung-agungnya berhimpunnya kaum muslimin.

Barangsiapa meninggalkannya (menunaikan sholat Jumat) karena meremehkannya, niscaya Allah SWT tutup hatinya sebagaimana di dalam hadis shahih yang diriwayatkan Muslim.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya