she.id

Selai Kacang Bisa Bantu Cegah Risiko Kanker Payudara?

Selai Kacang Bisa Bantu Cegah Risiko Kanker Payudara?
Selai Kacang (Shutterstock)

She - Benarkah selai kacang bisa membantu mencegah risiko kanker payudara?

Ada yang mengatakan suka mengonsumsi selai kacang bisa mewujudkan keinginan memiliki payudara yang sehat.

Seperti dilansir dari She Knows, para peneliti dari Washington University School of Medicine di St. Louis, Dana-Farber Cancer Institute, dan Harvard Medical School menemukan hubungan antara mengonsumsi selai kacang secara teratur dengan memiliki resiko yang lebih kecil terkena tumor payudara jinak saat dewasa.

Tumor payudara jinak bukanlah kanker, dan terjadi ketika adanya perubahan di sekitar payudara, luka, atau infeksi yang menyebabkan terjadinya benjolan di payudara. Tim peneliti tidak menginvestigasi adanya hubungan antara selai kacang dan benjolan ganas di payudara atau kanker.

Baca Juga: Kerja Duduk Lama 66 Persen Risiko Terkena Kanker
Konsumsi Bawang Putih Bisa Bantu Kurangi Risiko Kanker

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Breast Cancer Research and Treatment, termasuk data kesehatan melalui 9.039 perempuan Amerika Serikat yang berusia antara 9-15 tahun yang direkrut ke Growing Up Today Study pada tahun 2006.

Mereka mengisi kuisioner mengenai frekuensi makanan sekali dalam setahun sampai tahun 2001 dan setelahnya setiap dua tahun sekali hingga 2010.

Pada tahun 2005, para peneliti juga mulai melacak tumor payudara di antara peserta penelitian yang mulai memasuki masa dewasa dan sekarang berusia antara 18-30 tahun. Peneliti menemukan bahwa 112 orang terkena tumor.

Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi selai kacang seminggu dua kali selama masih anak-anak ternyata berhubungan dengan menurunnya resiko terkena tumor payudara sebanyak 39 persen.

Tentu saja hal ini merupakan kabar baik bagi para perempuan yang memiliki sejarah kanker payudara dalam keluarganya.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya