she.id

Enam Olahraga Yang Digemari dan Dianjurkan Oleh Rasullulah SAW

Enam Olahraga Yang Digemari dan Dianjurkan Oleh Rasullulah SAW
Olahraga yoga. (Pixabay)

She - Olahraga bagi sebagian orang menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Berolahraga juga bisa menjadi sarana refreshing untuk melepas penat sehabis rutinitas.

Dampak positif lain pun olahraga menjadi sarana menjaga dan memperkuat kebugaran tubuh. Rasulullah SAW juga mengajarkan bagaimana ia berolahraga.

Berikut enam olahraga yang biasa dilakukan Rasulullah SAW.

1. Lari Cepat

Rasulullah SAW biasa melakukan olahraga lari cepat dengan sahabat maupun istri beliau.

Dari 'Aisyah ra, "Rasulullah Saw bertanding dengan saya dan saya menang. Ketika saya berhenti dan badan saya menjadi gemuk, Rasulullah Saw bertanding lagi dengan saya dan beliau menang. Lalu beliau bersabda; kemenangan ini untuk kemenangan itu." (HR. Ahmad dan Abu Daud).

2. Gulat

Rasulullah SAW beberapa kali mengadakan pertandingan gulat bersama sahabat bernama Rukanah.

Dari Abu Daud dijelaskan;

"Sesungguhnya Rasulullah gulat dengan Rukanah yang terkenal kekuatannya itu, kemudian ia berkata; Domba lawan domba. Kemudian Rasulullah bergulat dan beliau bersabda: Berjanjilah denganku untuk (melakukan gulat) lagi di lain waktu. Kemudian Rasulullah bergulat seraya bersabda: Berjanjilah denganku, lalu Rasulullah SAW bergulat untuk ketiga kalinya. Kemudian orang itu bertanya; apa yang harus saya katakan kepada keluargaku? Rasulullah SAW menjawab: Katakan "domba telah dimakan oleh serigala, dan seekor domba pun lari." Kemudian apa pula yang saya katakan untuk yang ketiga? Rasulullah SAW menjawab: Kami tidak dapat mengalahkan kamu untuk bergulat karena itu ambillah hadiahmu." (HR. Abu Daud).

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya