she.id

Hadis Jelaskan Perumpamaan Orang Munafik Yang Membaca Alquran

Hadis Jelaskan Perumpamaan Orang Munafik Yang Membaca Alquran
Umat muslim membaca Alquran ketika beriktikaf di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (30/6) dini hari. Sepuluh hari menjelang berakhirnya bulan Ramadan, umat muslim memadati masjid untuk beriktikaf di malam hari guna menanti malam Lailatul Qadar yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. (Foto: Antara/Saptono)

She - Perumpamaan seseorang yang membaca Alquran ternyata bermacam-macam.

Bahkan setiap kita berinteraksi dengan Alquran entah seperti apa bentuk aktivitasnya akan memiliki aroma dan rasa yang lain.

Dalam sebuah hadis dijelaskan tentang perumpamaan-perumpamaan seseorang dalam membaca Alquran.

"Perumpamaan orang mukmin yang membaca Alquran adalah seperti buah Utrujjah, baunya harum dan rasanya juga enak. Dan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Alquran adalah seperti buah kurma, baunya tidak semerbak, namun rasanya manis. Sedangkan perumpamaan orang munafik yang membaca Alquran adalah laksana buah Raihanah yang baunya harum namun rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Alquran adalah seperti buah Hanzhalah, baunya tidak wangi dan rasanya juga pahit."(HR.Bukhari)

Dalam hadis tersebut dijelaskan tentang empat macam buah sebagai perumpamaan seseorang dalam membaca Alquran.

Seseorang yang rajin membaca Alquran bagai buah Al Utrujjah. Buah yang aromanya wangi dan rasanya enak. Karena jiwa pembacanya bagus, kalbunya baik dan ia juga mampu memberi kebaikan kepada orang lain.

Baca Juga: Bukti Bahwa IQ Bisa Turun Gara-gara Terpaku Dengan Ponsel Pintar
Mengungkap Desa Sehat Yang Warganya Bisa Hidup Hingga 100 Tahun

Seseorang yang tidak membaca Alquran bagai buah At Tamrah atau Kurma. Buah yang memang enak rasanya tapi memiliki aroma wangi. Jadi seseorang yang mebaca Alquran jauh lebih utama dibanding yang tidak membaca Alquran.

Perumpamaan seorang munafiq namun rajin membaca Alquran adalah buah Raihanah. Aromanya wangi namun rasanya pahit.

Sedangkan perumpamaan orang munafiq yang tidak rajin membaca Alquran seperti buah Hanzhalah. Aromanya tidak wangi dan rasanya pun pahit.

Itulah perumpamaan seorang yang membaca Alquran seperti empat macam buah.

Maka hendaknya terus berusaha agar menjadi orang yang rajin membaca Alquran dengan sebenar-benar bacaan sehingga seperti buah yang aromanya wangi dan rasanya pun enak.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya