she.id

Ini Sederet Bahaya Jika Main Gadget Sambil Menuduk

Ini Sederet Bahaya Jika Main Gadget Sambil Menuduk
Ilustrasi orang tua mendampingi anaknya dalam penggunaan gadget. (Shutterstock)

She - Di zaman yang serba praktis seperti saat ini, sangat banyak hal yang bisa dilakukan hanya dalam genggaman alias menggunakan ponsel.

Tak hanya orang-orang dewasa, banyak pula anak-anak yang sejak balita sudah kecanduan bermain dan menatap layar ponsel berlama-lama.

Para pakar tulang belakang dalam sedekade terakhir terjadi peningkatan jumlah pasien dengan keluhan sakit leher dan punggung bagian atas.

Mereka menilai ini sebagai dampak dari posisi tidak sehat yang dilakukan orang selama menggunakan ponsel atau gawai lainnya.

Disebutkan dalam 'The Spine Journal' dilansir dari laman Reuters, bahkan tidak sedikit pula pasien adalah anak-anak muda yang seharusnya belum mengalami keluhan-keluhan sakit leher dan punggung.

"Pada hasil pemeriksaan X-ray, tampak bentuk leher cenderung condong akibat terlalu sering dan lama menunduk melihat layar ponsel. Pasien yang datang ke saya kebanyakan sudah merasakan sakit dan tulang belakangnya bermasalah," tutur Dr. Todd Lanman, ahli beda saraf tulang belakang di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, Amerika Serikat.

Baca Juga: Wow Berat Badan Bisa Turun dalam 5 Menit! Begini Caranya
Kulit Bawang Merah Ternyata Bisa Atasi Berbagai Penyakit

Ia melanjutkan, pada posisi kepala normal leher menopang berat kepala sekitar 5 kilogram.

Ketika menunduk, beban yang dirasakan leher akan meningkat. Semakin bertambah sudut menunduk leher, berat kepala bisa terasa hingga belasan, bahkan puluhan kilogram.

"Anak-anak yang sudah kecanduan menunduk bermain ponsel saat ini, apakah harus terancam operasi tulang belakang saat menginjak umur 28 tahun? Tulang belakang mereka masih bertumbuh dan belum sempurna, apakah hal ini memang akan mengubas struktur tubuh manusia," ujarnya.

Sebagai pilihan solusi, Todd menyarankan para pengguna ponsel untuk mengurangi intensitas menunduk saat berinteraksi dengan gawai.

Kalau bisa posisikan ponsel sejajar dengan kepala. Bahkan, jika memungkinkan pula, pegang ponsel dengan kedua tangan dan manfaatkan ibu jari di kedua tangan untuk menjaga kenyamanan posisi simetris bagi tulang belakang.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya