she.id

Sederet Menu Sarapan Yang Dapat Menunjang Aktivitas

Sederet Menu Sarapan Yang Dapat Menunjang Aktivitas
Ilustrasi sarapan sehat (Shutterstock)

She - Sarapan merupakan sumber makanan yang baik untuk memupuk sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B, serta protein dan serat.

Tubuh memerlukan nutrisi ini untuk memulai proses metabolisme, dan penelitian menunjukkan bahwa jika asupan nutrisi terlewatkan tubuh saat sarapan, kecil peluangnya untuk tubuh dapat membayar kerugian ini di kemudian hari.

Selain itu, sarapan juga dapat membantu tubuh mengatur konsentrasi gula darah.

Dilansir dari laman The Independent, melewatkan sarapan telah terbukti meningkatkan lonjakan gula darah setelah makan pada orang-orang yang memiliki diabetes tipe 2.

Menciptakan kebiasaan makan di pagi hari adalah suatu rutinitas yang bisa kamu bangun perlahan.

Mulai dari porsi ringan lebih dulu, dan kemudian setelah beberapa saat nafsu makan pagi hari kamu meningkat secara alami.

Akibatnya, mungkin kamu akan mulai memperhatikan bahwa porsi makan siang kamu jadi lebih sedikit dari biasanya, termasuk juga jam ngemil di kantor.

1. Telur

Di balik berbagai mitos buruknya, telur mengandung 13 nutrisi penting untuk tubuh, termasuk tinggi kandungan protein.

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi akan menangkal kebiasaan ngemil tidak sehat sepanjang hari.

Selain itu, konsumsi setidaknya 8-10 gram hingga 20-25 gram protein tidak hanya akan menyediakan rasa kenyang yang lebih tahan lama, namun juga menjaga massa otot yang baik dari waktu ke waktu.

Ditambah lagi, kuning telur tinggi akan kandungan vitamin B kolin, yang penting untuk ketajaman memori, juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang mendorong kesehatan mata.

Ide menu untuk sarapan: Sandwich roti gandum dengan isian telur orak-arik (atau telur mata sapi). Atau, kamu bisa buat sandwich roti panggang dengan isian irisan alpukat, telur rebus, dan tomat.

Alternatif lebih sehatnya, buat adonan telur orak-arik yang dicampur terlebih dahulu dengan bayam cincang.

2. Kopi

Berbahagialah kamu pecinta kopi. Walaupun memang terlalu banyak kopi akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kamu, namun tidak ada salahnya dengan meneguk segelas kopi hangat untuk memulai hari.

Segelas kopi panas favorit kamu (tanpa gula dan creamer, ya!) mengandung antioksidan tinggi, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat menurunkan risiko penumpulan keterampilan kognitif.

Ngopi di pagi hari juga dipercaya dapat menangkal peluang kanker, termasuk kanker karsinoma sel basal, dan melindungi kamu dari diabetes tipe 2.

Ide menu untuk sarapan: Selain secangkir kopi hitam biasa, kamu bisa campurkan kopi dingin dengan pisang beku (bisa diganti dengan susu almond), bubuk kakao, dan bubuk protein rasa cokelat (atau whey protein) untuk meracik segelas besar protein shake yang tidak hanya mengenyangkan, namun juga membangunkan semangat kamu.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya