she.id

Ini Jawabannya Mengapa Waktu Bangun Pagi Mulut Kita Bau

Ini Jawabannya Mengapa Waktu Bangun Pagi Mulut Kita Bau
ilustrasi bau mulut (shutterstock)

She - Setiap orang pasti mengalami bau mulut saat bangun tidur.

Bau mulut atau dalam istilah medis disebut halitosis, disebabkan karena saat tidur, mulut kita masuk ke mode istirahat dan tidak mencerna makanan.

Lalu, apa saja penyebab terjadinya bau mulut di pagi hari? Ini penjelasan sejumlah ahli yang dilansir dari Meetdoctor:

Kurangnya Air liur

Menurut Academy of General Dentistry, ada sekitar 80 juta orang yang menderita bau mulut.

Bau mulut di pagi hari sebagian besar dikaitkan dengan kurangnya air liur.

"Siang hari, mulut Anda menghasilkan banyak air liur, tetapi saat Anda tidur, produksi air liur menurun", kata Dr. Hugh Flax, seorang dokter gigi kosmetik dan mantan presiden American Academy of Cosmetic Dentistry di Atlanta, AS.

Mulut Kering

Air liur sangat penting untuk membersihkan partikel makanan yang masih tersisa di dalam mulut guna menghindari pertumbuhan bakteri.

Penurunan produksi air liur saat mulut Anda kering juga bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut sehingga mengakibatkan bau mulut.

"Dalam kondisi mulut yang sedang kering, memungkinkan bakteri untuk tumbuh dan menghasilkan senyawa sulfur yang mudah menguap (VSCs), sehingga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap", kata Dr. Matthew Nejad dan Dr. Kyle Stanley, dokter gigi di Beverly Hills, California.

Tidur Mendengkur

Mendengkur atau bernapas melalui mulut pada malam hari dapat meningkatkan kemungkinan bau mulut.

Saat mendengkur, posisi mulut kita menjadi terbuka sehingga menyebabkan mulut menjadi kering dan mengakibatkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

"Pada dasarnya, setiap kali Anda mengurangi air liur di mulut, Anda juga mengurangi kemampuan mulut untuk melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut," kata Flax.

Baca Juga: Kenali 13 Arti dan Makna Warna Lidah Terhadap Kesehatan Tubuh
Buang Makanan Yang Dihinggapi Lalat Agar Terhindar Bahaya Ini

Kesehatan Mulut yang Buruk

Menurut Nejad dan Stanley, biasanya penyebab pertama bau mulut adalah masalah periodontal seperti gingivitis dan periodontitis (penyakit yang terjadi pada gusi), yang telah terbukti dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan mulut Anda sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan lainnya, yang juga dikenal sebagai koneksi mulut-badan atau oral systemic link.

"Racun dari bakteri mulut yang dilepaskan ke aliran darah Anda dapat menimbulkan kekacauan di bagian lain dari tubuh Anda," kata Flax.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya