she.id

Setop! Hindari Kantong Plastik Hitam Untuk Bungkus Daging Kurban

Setop! Hindari Kantong Plastik Hitam Untuk Bungkus Daging Kurban
Ilustrasi penyembelihan hewan kurban. (Foto: greenkurban.com)

She - Saat pembagian daging hewan kurban, plastik biasa kerap digunakan sebagai pembungkusnya.

Biasanya, plastik berwarna hitam cukup banyak digunakan agar daging kurban yang sudah dipotong-potong tak terlihat. Sehingga terkesan rapi dan sopan saat disebarkan. Namun kenyataannya, cara tersebut adalah salah.

Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta meminta masyarakat agar menghindari penggunaan kantong plastik atau "kresek" berwarna hitam sebagai bungkus daging kurban karena dapat tertempel cemaran kimia berbahaya.

"Jangan sampai membungkus daging dengan kresek atau plastik hitam," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) DIY Sutarno di Yogyakarta.

Baca Juga: Kenali 13 Arti dan Makna Warna Lidah Terhadap Kesehatan Tubuh
Buang Makanan Yang Dihinggapi Lalat Agar Terhindar Bahaya Ini

Sutarno mengatakan plastik berwarna hitam tidak aman karena merupakan plastik hasil daur ulang dari berbagai macam plastik dengan proses yang tidak higienis.

Menurut dia, bungkus yang paling tepat dan aman untuk daging kurban atau makanan lainnya adalah plastik bening atau transparan karena bukan hasil daur ulang.

"Maka kami anjurkan panitia kurban untuk pakai plastik transparan saja," katanya.

Selain itu, Sutarno juga berharap para panitia kurban yang bersentuhan langsung dengan daging dipastikan tidak sedang terkena flu atau penyakit menular lainnya.

"Karena daging mudah terkontaminasi virus-virus disekitarnya, saya berharap panitia kurban dalam keadaan sehat," paparnya.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya