she.id

Begini Porsi Pas Untuk Sarapan dan Makan Malam

Begini Porsi Pas Untuk Sarapan dan Makan Malam
Porsi makanan sehat untuk atasi obesitas (beautybeats)

She - Ada orang-orang yang tidak terbiasa makan banyak saat sarapan, namun sebenarnya porsi sarapan harus lebih banyak atau sama dengan porsi makan siang.

Ini berlaku untuk orang-orang yang aktivitasnya lebih padat saat siang hari, seperti pekerja kantor.

Nuri Andarwulan, direktur Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi Pangan & Pertanian Asia Tenggara (SEAFAST Center), mengemukakan prinsipnya sarapan harus lebih banyak dari makan siang dan makan siang harus lebih banyak dari makan malam.

"Karbohidrat saat sarapan juga harus lebih banyak karena jeda dari makan pagi ke makan siang lama, jangan sampai jam 9-10 sudah lapar," kata Nuri.

Dia menyarankan agar makan malam disantap secara bertahap mulai sore hari agar asupan makanan tidak berubah menjadi lemak yang menggemukkan badan.

Baca Juga: Kebiasaan Lumrah DilakukanTapi Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan
Ternyata Menyetir Lebih Dari Dua Jam Sehari Bahaya Bagi Kesehatan

"Bisa dicicil, jam 3 sore dan jam 5 sore," kata dia.

Sebab, pada sore hari tubuh cenderung minim bergerak karena sudah lelah setelah beraktivitas seharian.

"Kalau banyak makan, bisa jadi lemak karena tidak dibakar tubuh," katanya.

Penting juga untuk menyantap minimal 250 gram sayur dan 150 gram buah per hari untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Sebaiknya porsi sayuran dan buah dibagi merata dalam tiga kali makan per hari.

"Kalau pas makan besar tidak bisa diperoleh, upayakan makan sayur dan buah di sela-sela sebagai camilan," imbuh dia.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya