she.id

Tiga Hal Yang Sering Salah Kaprah Dalam Memilih Menu Sarapan

Tiga Hal Yang Sering Salah Kaprah Dalam Memilih Menu Sarapan
Ilustrasi sarapan sehat (Shutterstock)

She - Makan pagi atau sarapan diyakini sebagai waktu makan yang paling penting dalam sehari.

Selain menjadi tenaga untuk beraktivitas, kelancaran sistem pencernaan juga lebih terjaga apabila seseorang mengonsumsi makanan sehat saat sarapan.

Di era modern, muncul beragam kepercayaan orang dalam memilih makanan atau gaya sehat untuk menyiasati sarapan pagi.

Tapi ternyata, beberapa hal tersebut salah dan justru lebih baik dilakukan sebaliknya.

Hmm.. Apa saja ya, siasat sarapan sehat yang ternyata selama ini kurang tepat dilakukan?

1. Breakfast Bar

Meladeni gaya hidup masyarakat kota yang serba sibuk bahkan mulai dari bangun pagi, belakangan muncul produk makanan yang dinamakan 'breakfast bar'.

Makanan ini mengandung biji-bijian dan buah kering yang dipadatkan, yang menjanjikan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi seseorang sebagai bekal beraktivitas.

Tapi jangan salah duga. Meski kelihatannya sehat, yang namanya makanan kemasan pasti tetap mengandung pemanis, lemak, dan bahan pengawet.

Jadi kalau tidak terpaksa, sebaiknya hindari terlalu sering sarapan pakai 'breakfast bar'.

2. Jus Buah-buahan

Minuman jus buah-buahan memang lebih simpel jika dibeli dalam kemasan di swalayan. Selain banyak pilihan rasa, awet pula jika disimpan di dalam kulkas.

Tapi di balik kesederhanaan itu, minuman jus buah dalam kemasan tak sepenuhnya mengandung buah asli.

Tentu saja ditambahkan perasa, pemanis, dan pengawet. Alangkah baiknya bila jus buah dibuat sendiri dengan alat jus dan buah-buahan asli.

Baca Juga: Tips Jitu Agar Aman Konsumsi Makanan Kaleng
Sering Buang Sisa Makanan Ternyata Jadi Limbah Memperihatinkan

3. Kuning Telur

Di kalangan para wanita yang berjuang diet menurunkan berat badan, banyak yang percaya makan telur sebaiknya bagian kuningnya saja.

Sebab kuning telur diyakini mengandung lebih banyak nutrisi, seperti zat besi, vitamin B, vitamin D.

Namun studi terbaru menyebut, mengonsumsi telur sebaiknya keduanya sekaligus.

Toh putih telur mengandung lemak dan kalori yang rendah, sehingga tidak terlalu bahaya buat mereka yang ingin diet.

Yuk, semakin perhatian pada makanan yang kita konsumsi. Terutama di pagi hari.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya