she.id

Segudang Manfaat Bagi Bayi Yang Konsumsi Telur Secara Rutin

Segudang Manfaat Bagi Bayi Yang Konsumsi Telur Secara Rutin
ilustrasi memberikan makanan pada bayi (shutterstock).

She - Para orang tua, taukah kalian bahwa memberikan telur untuk dimakan anak tiap hari dapat membantu pertumbuhan pada bayi?

Penelitian terbaru oleh Universitas Washington menunjukkan makan telur sehari dapat mencegah bayi lambat tumbuh atau kurang gizi.

Selain itu bayi berusia 6 hingga 9 bulan yang diberi makan telur tiap hari juga cenderung mengonsumsi makanan manis lebih sedikit.

Mereka juga akan memiliki kadar gizi penting yang lebih tinggi seperti vitamin B12 dalam darah mereka, dibandingkan dengan mereka yang tidak secara teratur sedang makan telur.

Dilansir dari Daily News, penelitian menemukan bahwa sekitar 73 persen bayi di Inggris mengonsumsi kurang dari satu telur tiap minggu pada usia delapan bulan di Inggris.

Sebaliknya, bayi memakan buah sebesar 81 persen, sayuran 80 persen, dan sereal sarapan 80 persen dan produk susu 68 persen setidaknya sekali sehari.

Dr Lora Ianotti melakukan penelitian di mana anak-anak berusia 6-9 bulan dibagi menjadi dua kelompok.

Baca Juga: Tips Jitu Agar Aman Konsumsi Makanan Kaleng
Sering Buang Sisa Makanan Ternyata Jadi Limbah Memperihatinkan

Satu kelompok terdiri dari 83 anak di mana keluarga diberi telur gratis, yang dikunjungi setiap minggu dan diingatkan untuk mematuhi penelitian tersebut, dan kelompok lain dari 80 anak dibiarkan begitu saja.

Pada kelompok yang diberikan telur tiap hari, kasus kekurangan gizi berkurang sebesar 74

pada kasus lambat pertumbuhan berkurang sebesar 47 persen dan kasus stunting sebesar 47 persen pada kelompok yang diberi telur.

Anak-anak yang memiliki asupan telur lebih tinggi juga dilaporkan jarang mengonsumsi makanan manis.

Dr Lora Ianotti mengatakan penelitian ini dilakukan dengan hati-hati dan memantau reaksi alergi terhadap telur.

"Namun tidak ada insiden yang diamati atau dilaporkan oleh perawat selama kunjungan rumah tiap minggu. Telur tampaknya menjadi sumber gizi yang layak dan direkomendasikan untuk anak-anak di negara berkembang," jelas Lora.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya