she.id

Waspada! Sederet Masalah Ini Biasa Dialami di Masa Tua

Waspada! Sederet Masalah Ini Biasa Dialami di Masa Tua
Ilustrasi anak mengunjungi orang tua. (Shutterstock)

She - Menua merupakan proses alamiah, Namun akan lebih baik jika ketika memperfsiapkan diri ketika memasuki lanjut usia. Menjalani kehidupan dengan kondisi sehat dan bugar di masa tua tentu menjadi impian semua orang.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi masalah di masa tua. Dilansir dari dailymail, sedikitnya ada 5 masalah utama yang dihadapi lansia, yang seringkali dabaikan bahkan sepelekan. Apa saja?

1. Keterasingan sosial dan kesepian

Peluang keterlibatan sosial lansia lebih kecil dibanding kelompok usia yang lebih muda. Di sisi lain mereka kesepian ketika ditinggalkan anak-anak mereka yang pindah ke tempat lain, teman atau pasangan meninggal, dan pensiun dari pekerjaan.

2. Kerawanan finansial

Lansia yang telah pensiun dari pekerjaannya hidup dengan pendapatan tetap, sementara biaya hidup terus meningkat akan menimbulkan batasan finansial. Selain itu, jika mereka mengalami masalah kesehatan, ada biaya medis tambahan yang membuatnya menjadi lebih sulit.

3. Kesehatan fisik dan mental

Penuaan mempengaruhi tubuh karena melemahkan otot, tulang, pendengaran, dan penglihatan, serta mobilitas.

Sekitar 92 persen lansia menderita sedikitnya satu penyakit kronis dan 77 persen menderita dua penyakit kronis, termasuk jantung, stroke, diabetes dan kanker.

Selain itu, masalah kesehatan mental mempengaruhi lansia termasuk Alzheimer, demensia, dan depresi. Sekitar 47,5 juta orang di seluruh dunia menderita demensia, yang jumlahnya diperkirakan meningkat tiga kali lipat pada 2050.

Menurut WHO, lebih dari 15 persen orang berusia 60 menderita gangguan mental.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya