she.id

Penjelasan Makanan Nikmat Yang Bisa Buat Umur Jadi Pendek

Penjelasan Makanan Nikmat Yang Bisa Buat Umur Jadi Pendek
Makanan Manis (shutterstock)

She - Kamu pecinta makanan manis, permen atau minuman bersoda?

Hati-hati! Di balik rasa yang memanjakan lidah itu, ada bahaya kesehatan yang mengintai bila dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan, sampai menyebabkan kematian.

Apa saja bahayanya?

Diabetes

Diabetes ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi, tekanan darah yang tinggi, penurunan berat badan namun nafsu makan terus meningkat, cepat haus, hingga kaburnya penglihatan.

Penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa setiap tahunnya penderita diabetes terus bertambah sementara penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan penderitanya haarus menjalani pengobatan seumur hidup.

Ketagihan

Mengonsumsi gula berlebihan akan membuat seseorang ketagihan, karena dalam gula terdapat kandungan zat adiktif.

Gula juga dapat memengaruhi otak dan merusak sistem kerjanya.

Sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukan bahwa konsumsi gula memiliki kaitan erat dengan terjadinya penuaan yang terjadi dalam sel-sel otak.

Di samping itu, ketagihan gula akan berbahaya karena akan memicu seseorang menjadi obesitas karena di dalam gula juga terdapat kandungan lemak yang tinggi.

Seseorang yang obesitas akan jauh lebih berbahaya untuk terkena penyakit diabetes dan juga serangan jantung.

Penumpukan lemak

Mengonsumsi gula dalam jumlah yang tidak dikontrol akan sangat menyulitkan tubuh dalam proses pemberian nutrisi ke darah.

Gula yang menumpuk akan membuat dinding jahat yang akan membentengi jalan darah dan mengendap pada lemak dan di aliran yang tidak seharusnya.

Bahayanya tidak hanya menjadi obesitas dan jantung saja, namun juga stroke hingga kanker. Hiii..

Depresi

Tahukah kamu, gula dapat meningkatkan tekanan darah? Hati-hati karena hal tersebut tanpa kita sadari akan membuat kita menjadi pusing, stres, hingga depresi.

Tekanan darah yang tinggi akan memicu tubuh untuk bekerja jauh lebih cepat dari biasanya sehingga tubuh kamu menjadi lebih cepat lelah hingga depresi.

Insomnia

Mudah lelah namun sulit untuk tidur? Waspadai kamu terkena diabetes karena biasanya, orang yang kekurangan waktu untuk beristirahat akan berusaha untuk mencari pelarian untuk relaksasi.

Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak makan/minum tanpa control. Makan dan minum terus menerus akan meningkatkan kadar glukosa kamu, sekaligus akan menyulitkan untuk merasakan tidur lelap.

Baca Juga: Dokter Larang Menggaruk Bekas Luka Karena Bedampak Buruk
Tubuh Sangat Kelelahan Jika Kamu Alami Tujuh Tanda Ini

Lalu, bagaimana cara lain untuk bisa mengurangi konsumsi gula selain mengetahui batasan perharinya?

Berikut tips dari MeetDoctor:

Minum air putih

Selain ramah bagi tubuh, air putih akan membantu menetralisir tubuh dari racun-racun jahat ataupun gula yang berlebih.

Istirahat yang cukup

Memiliki waktu istirahat yang cukup akan membuat sistem peredaran darah kamu menjadi jauh lebih lancer sehingga badan dan pikiran terasa lebih segar.

Mawas diri

Hindari makanan dan minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Pastikan Kamu memiliki gaya hidup yang sehat dengan berolahraga secara rutin serta mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Konsultasi

Jika Kamu merasa ada gejala yang tidak biasa pada tubuhmu, jangan tunda untuk periksa atau konsultasikan keluhanmupada yang ahli. Minimal, cari tahu pada sumber terpercaya.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya