she.id

Jumlah Asupan Serat Yang Pas Untuk Tubuh Setiap Harinya

Jumlah Asupan Serat Yang Pas Untuk Tubuh Setiap Harinya
Makanan berserat tinggi bermanfaat bagi Jantung (shutterstock)

She - Serat menjadi salah satu asupan yang tak boleh ditinggalkan dalam menu harian, sehingga kamu perlu memahami jumlah serat yang dikonsumsi per hari.

Seperti dilansir Health, Badan Kesehatan Dunia (WHO), 250 studi prospektif serta uji klinis selama 40 tahun menyebutkan, seseorang perlu 25-29 gram serat per hari untuk hasil kesehatan yang optimal .

Studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi paling banyak serat mengalami penurunan 15- 30 persen dalam semua penyebab kematian serta kematian terkait kardiovaskular ketimbang mereka yang makan paling sedikit serat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner, stroke, diabetes tipe 2, kanker payudara dan kanker usus besar.

Baca Juga: Sering Salah, Begini Cara Sehat Dan Tepat Konsumsi Brokoli
Jangan Main Ponsel Malam Hari Jika Ingin Miliki Keturunan Sehat

Makanan kaya serat juga dikenal membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga berat badan tetap terkendali.

Itu karena serat membutuhkan waktu lebih lama untuk bergerak melalui sistem pencernaan dan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Tentu saja, tidak semua karbohidrat (yang merupakan sumber serat kita) sama. Penelitian merekomendasikan untuk mengganti biji-bijian olahan dengan biji-bijian utuh seperti gandum, gandum, dan beras merah.

Makanan berserat lainnya termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

"Mengkonsumsi 25- 29 gram setiap hari sudah memadai tetapi data menunjukkan bahwa asupan serat yang lebih tinggi dapat memberikan perlindungan yang lebih besar," menurut temuan penelitian.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya