she.id

Ini Dia Sosok Wanita Pertama Yang Berhasil Menjelajah Antariksa

Ini Dia Sosok Wanita Pertama Yang Berhasil Menjelajah Antariksa
Valentina Tereshkova (Istimewa)

She - Nama Anousheh Ansari tercatat dalam sejarah dunia sebagai space tourist perempuan pertama, sekaligus perempuan Iran pertama dan perempuan muslim pertama yang berhasil menjelajah antariksa. Di tahun 2006, Ansari terbang menggunakan Soyuz TMA-9.

Namun, tahukah kamu siapa perempuan pertama yang berhasil menjelajah antariksa sebagai astronot?

Tidak lain tidak bukan, seperti juga para astronot laki-laki pertama yang berhasil mengangkasa, tiga nama perempuan pertama di dunia ini berasal dari dua negara pionir di bidang antariksa: Rusia (dulu masih bernama Uni Sovyet-red) dan Amerika Serikat. 

1. Valentina Tereshkova

Perempuan pertama yang berhasil terbang ke luar angkasa adalah kosmonot Uni Sovyet Valentina Tereshkova.

Ia lahir pada 6 Maret 1937. Orangtuanya adalah imigran asal Belarusia. Ayahnya, Vladimir Tereshkov adalah tentara Sovyet.

Valentina berada di luar angkasa selama 2 hari, 22 jam, 50 menit dalam misi antariksa Vostok 6.

Berawal tahun 1961, Nikolai Kamanin, direktur pelatihan kosmonot, membaca media Amerika bahwa para pilot perempuan disana sedang dilatih untuk menjadi astronot.

Nikolai kemudian menulis bahwa Sovyet tidak akan membiarkan perempuan Amerika menjadi yang pertama ke luar angkasa, hal itu menurutnya hanya akan melukai rasa patriotisme perempuan Sovyet.

Valentina adalah perempuan pertama dan perempuan termuda yang terbang keluar angkasa dalam misi tunggal Vostok 6  pada 16 Juni 1963. Sebelum menjadi kosmonot, ia adalah pekerja pabrik tekstil.

Kemampuannya dalam skydiving mengantarkannya terpilih menjadi kosmonot perempuan dari 400 peserta di awal seleksi. Ia kemudian menjadi instruktur untuk program luar angkasa. Tahun 1997, ia pensiun dari Angkatan Udara dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal.

Valentina lalu berpindah karir menjadi politisi dan setia berpolitik sejak era Sovyet hingga Rusia. Kini ia adalah anggota parlemen negara bagian Duma dari Partai United Russia.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya