she.id

Kita Merugi Jika Abaikan 3 Keutamaan Salat Sunah Ini

Kita Merugi Jika Abaikan 3 Keutamaan Salat Sunah Ini
Salat sunah salah satu cara mendekatkan diri kepada Rasul.

She - Sebagai hamba, kita hendaknya memacu diri mengumpulkan sebanyak-banyak amal salih untuk bekal kehidupan di akhirat kelak.

Seiring tekad tersebut, kita juga harus menyadari bahwa kita tidak mungkin melakukan setiap ibadah dengan sempurna. Misalnya saja salat fardu (salat wajib lima waktu). Tentu ada kekurangan dan kekhilafan yang membuat pahala ibadah fardu kita tidak bernilai sempurna di mata Allah. Karena itulah, kita mengenal adanya salat-salat sunah.

Salat sunah ini memiliki banyak keutamaan. Tiga di antaranya akan membuat kita menjadi hamba yang merugi jika melewatkannya.

Pertama: salat sunah adalah penyempurna salat fardu. Seorang hamba tidak bisa yakin 100% bahwa amalannya akan diterima oleh Allah Swt. Dalam salat wajib misalnya, kita kerap lupa jumlah rakaat atau bacaan salat. Sulit untuk bisa khusyuk.

Karena itulah, ada amalan salat sunah yang bisa lakukan sebelum dan sesudah menunaikan salat wajib yang disebut rawatib. Atau salat sunah di luar waktu salat wajib seperti salat duha dan tahajud di sepertiga malam.

Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat nanti adalah salat. Allah berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, “Lihatlah pada salat hamba-Ku. Apakah salatnya sempurna ataukah tidak? Jika salatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika dalam salatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman: Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunah. Jika hamba-Ku memiliki amalan sunah, Allah berfirman: sempurnakanlah kekurangan yang ada pada amalan wajib dengan amalan sunahnya.” Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini.” (HR. Abu Daud-Ibnu Majah-Ahmad)

Kedua, salat sunah membawa keberkahan. Ini merupakan bukti bahwa nikmat Allah begitu luas. Kita mengetahui bahwa siapa menunaikan salat maka ia telah melakukan amar ma’ruf nahi munkar yaitu condong kepada kebaikan dan melarang diri dari sikap durhaka kepada perintah Allah.

Ternyata, bukan saja ibadah wajib yang dapat membawa kebaikan bagi hidup kita, melainkan juga ibadah sunah, yaitu salat sunah. Seperti isi sabda Rasulullah berikut ini.

“Jika salah seorang di antara kalian telah menunaikan salat di masjidnya, maka hendaklah ia memberi jatah salat bagi rumahnya. Karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan dalam rumahnya melalui salatnya.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Sejarah Kopi: Dulu Teman Ibadah, Kini Teman Senang-Senang
Minum Ramuan Alami Ini Sebelum Tidur, Rasakan Manfaatnya!

Ketiga, salat sunah mendekatkan hamba kepada Rasulnya. Dengan melaksanakan salat sunah, dapat dikatakan bahwa seorang hamba benar-benar ‘haus’ ibadah dan sangat mengharapkan keridaan Allah Swt. Ia tak merasa kehilangan waktunya dalam mengurus urusan dunia demi memperpanjang waktunya dalam urusan ibadah. Salat wajib ditambah salat rawatib. Demikian juga waktu istirahat di malam hari yang berkurang karena kita bangun, berwudu, dan bermunajat dalam tahajud pada dini hari. Bukankah umat seperti itu akan membuat senang Nabi Muhammad?

“Aku pernah bermalam bersama Rasulullah, lalu aku menyiapkan air wudu dan keperluan beliau. Kemudian beliau bersabda kepadaku, ‘Mintalah sesuatu!’ Maka aku pun menjawab, ‘Aku meminta kepadamu agar memberi petunjuk kepadaku tentang sebab-sebab agar aku bisa menemanimu di surga’. Beliau menjawab, ‘Ada lagi selain itu?’. ‘Itu saja cukup ya Rasulullah’, jawabku. Maka Rasulullah bersabda, ‘Jika demikian, bantulah aku atas dirimu (untuk mewujudkan permintaanmu) dengan memperbanyak sujud (dalam salat)‘” (HR. Muslim)

Nah, sahabat She, masihkah kita malas mengerjakan salat sunah setelah mengetahui keuntungan besar yang akan kita dapatkan?

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya