she.id

Lagu Tell Me Why Tetap Viral Setelah 17 Tahun!

Lagu Tell Me Why Tetap Viral Setelah 17 Tahun!
Anak laki-laki bermata biru yang menjadi terkenal di usia 10 tahun (YouTube)

She - Sebuah lagu berjudul Tell Me Why yang dinyanyikan seorang anak laki-laki menjadi viral di saluran YouTube dengan jutaan orang menontonnya.

Usut punya usut, lagu yang berkisah tentang seorang anak yang mempertanyakan keadaan dunia yang kacau-balau, dengan banyaknya perang, kekerasan, dan kerusakan lingkungan hidup yang terus meluas, ternyata sudah dirilis ke publik sejak tahun 2002. Isinya yang masih relevan dengan kondisi dunia saat ini, menjadikan lagu ini tetap viral selama 17 tahun.

In my dream, children sing
A song of love for every boy and girl
The sky is blue and fields are green
And laughter is the language of the world
Then I wake and all I see
Is a world full of people in need

Tell me why(why) does it have to be like this?
Tell me why (why) is there something I have missed?
Tell me why (why) cos I don't understand
When so many need somebody
We don't give a helping hand
Tell me why?

Everyday I ask myself
What will I have to do to be a man?
Do I have to stand and fight
To prove to everybody who I am?
Is that what my life is for
To waste in a world full of war?

tell me why?
(Children) tell me why? (Declan) tell me why?
(Together) just tell me why, why, why?

Tell me why (why, why, does the tiger run)
Tell me why(why why do we shoot the gun)
Tell me why (why, why do we never learn)
Can someone tell us why we let the forest burn?
(why, why do we say we care)
Tell me why (why, why do we stand and stare)
Tell me why(why, why do the dolphins cry)
Can some one tell us why we let the ocean die?
(why, why if we're all the same)
Tell me why(why, why do we pass the blame)
Tell me why (why, why does it never end)
Can some one tell us why we cannot just be friends?
Why, why

Declan Galbraith berusia 10 tahun ketika lagu yang dinyanyikannya, Tell Me Why,  meledak dan menghasilkan kontrak satu juta pound sterling untuknya. Lagu yang ditulis Barry Mason, Stuart Mackeith dan Ian Mackeith itu membuat anak laki-laki yang tinggal di Rochester, Kent, Inggris itu menjadi selebriti dunia.

Saat diwawancarai The Guardian 17 tahun silam, kamar Declan kecil memperlihatkan kesukaannya. Ada video Harry Potter, komik Goosebumps, juga poster Robbie Williams dan Westlife yang terpasang di dinding bersama poster klub sepak bola Arsenal. Hobinya adalah bersepeda, berenang, dan tentu saja bermain sepak bola.

Sepintas ia adalah anak laki-laki biasa dengan hobi yang biasa. Namun begitu ia mulai bernyanyi, tidak perlu menjadi Simon Cowell untuk merasakan suaranya yang luar biasa. Suaranya sangat jernih dan pitch-perfect. Ditambah lagi, Declan memiliki ‘karakter’ yang dicari para pencari bakat; rambut gelap yang tebal, bermata biru, cuek, dan penuh percaya diri. “Saat bernyanyi di hadapan orang, saya tidak merasa gugup. Saya justru sangat bersemangat,” kata Declan kala itu.

Baca Juga: Tampil Modis dengan Sentuhan Jepang ala Rahmalia Aufa Yazid
Bukan Hanya Bumbu Dapur, Bawang Merah Bikin Wajah Makin Cantik
Sering Sajikan Menu Olahan Daging untuk Anak, Apa Bahayanya?

Declan yang jago bermain gitar dan piano ini suka mendengarkan lagu-lagu Carole King, The Fureys, Christy Moore, Led Zeppelin, Deep Purple, juga Robbie Williams dan Westlife. Kombinasi yang tidak biasa penyanyi muda terkenal yang sedang hits plus koleksi tua milik ayahnya. Bakat Declan diyakini diwarisi sang kakek yang dipanggilnya Poppy Ben, yang semasa hidup rutin tampil di klub lokal setempat dan kerap membawa Declan kecil.

Dikutip dari website resmi Declan Galbraith, kepopuleran lagu Tell Me Why juga merambah ke Cina. Tidak sekadar disukai, tapi menjadi bagian dari kurikulum pendidikan pelajar di Cina untuk Pelajaran Bahasa Inggris. Lagu tersebut menjadi alat yang membantu anak-anak belajar bahasa Inggris karena liriknya mudah diingat dan sesuai untuk usia anak-anak. Di tahun 2008, Declan meraih sukses saat menggelar tur di Beijing dan Shenzhen. Kepopulerannya di Cina terus berlanjut hingga kini.

Declan dewasa mencoba comeback ke industry musik pada tahun 2014 dan mulai menyanyikan lagu-lagu yang ia tulis sendiri. Di tahun 2018, Declan merilis album Greatest Hits.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya