she.id

Bagaimana Cara Rasul Berwudu?

Bagaimana Cara Rasul Berwudu?
Jangan sembarangan menggunakan air untuk berwudu.

She - Wudu adalah syarat sah salat yang kita kerjakan setidaknya lima kali dalam satu hari.

Sebagai umat Muhammad, kita tentulah ingin mengerjakan ibadah sesuai dengan apa yang dicontohkan Sang Nabi Akhir Zaman. Dalam tata cara maupun kesempurnaannya.

Dalam berwudu, contoh yang diberikan Rasul adalah tidak boros menggunakan air. Terlebih lagi di masa sekarang dengan kerusakan lingkungan yang kian meluas, air bersih menjadi satu kebutuhan yang sangat mahal.

Dari Anas ra., “Rasulullah mandi menggunakan air satu sha’ hingga lima mud. Sedangkan untuk air berwudu, beliau menghabiskan air sebanyak satu mud.” (HR. Bukhari & Muslim)

Berapakah satu mud itu?

Satu mud bisa diartikan sebagai 688 ml atau sekitar ukuran botol air mineral kemasan sedang. Artinya, Rasul bisa dua kali berwudu dengan 1,5 liter air atau seukuran botol besar air mineral.

Dari riwayat di atas dan tambahan riwayat lainnya, para ulama kemudian menyimpulkan bahwa Islam melarang keras umatnya untuk berwudu dengan menggunakan air secara berlebihan.

Baca Juga: Begini Cara Sederhana Bahagiakan Suami, Penting Dibaca Para Istri
Wajah Awet Muda dengan Bahan Alami, Patut Dicoba!
Wow! Ternyata Ini Rahasia Rambut Indah dan Sehat

Para ulama lalu menetapkan bahwa perbuatan menggunakan air secara berlebihan alias boros dalam berwudu merupakan perbuatan makruh yang dibenci Allah Swt. Hakikat wudu untuk membersihkan diri justru ternodai dengan sikap mubazir. Seperti kita tahu, orang yang mubazir akan menjadi sahabat setan.

Kita mungkin merasa tinggal di daerah yang memiliki sumber air melimpah-ruah hingga tidak merasa bersalah membuka keran air hingga air mengalir sangat deras untuk wudu. Kita berdalih bahwa untuk bersih membutuhkan air yang banyak. Tapi harus diingat cara Rasul berwudu agar kita tidak menjadi pribadi mubazir.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya