she.id

Siapa Melakukan Ini, Allah Beri Jalan Keluar dari Setiap Masalah

Siapa Melakukan Ini, Allah Beri Jalan Keluar dari Setiap Masalah
Jaminan rezeki dari Sang Khalik bagi hamba-Nya (Yuri Timofeyef)

She - Manusia memiliki banyak pilihan saat menghadapi masalah dalam hidupnya. Ada yang memilih berlari jauh meninggalkan masalah karena takut, ada yang pasrah, ada yang berusaha keras mencari solusi untuk menuntaskannya.

Rasulullah bersabda, “Jika kamu bertawakal pada Allah dengan sebenar-benarnya, Dia memberimu rezeki seperti burung diberi rezeki. Burung-burung itu berangkat pagi-pagi dengan perut lapar, dan pulang pada sore hari dengan perut kenyang.” (HR. Ahmad)

Hadis di atas menjelaskan bahwa jaminan rezeki dari Allah akan diberikan kepada hamba-Nya yang bertawakal. Sikap tawakal yang dimaksud bukan hanya diam dan berserah diri, melainkan bekerja keras secara optimal dibarengi doa dan kepasrahan atas segala usaha yang telah dilakukan.

Hadis tersebut setali tiga uang dengan arti QS. Ath-Thalaq ayat 2 dan 3, “Barang siapa bertawakal pada Allah, niscaya Dia memberinya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa bertawakal pada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan semua kebutuhannya. Sesungguhnya Allah mengurus urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.”

Baca Juga: Kita Merugi Jika Abaikan 3 Keutamaan Salat Sunah Ini
Sejarah Kopi: Dulu Teman Ibadah, Kini Teman Senang-Senang
Benarkah Kertas Toilet Berwarna dan Harum Bisa Berbahaya?

Ayat tersebut adalah janji Allah pada umat-Nya yang mampu bertawakal dengan bersungguh-sungguh. Ia mengerjakan kewajibannya di dunia dan mengimbanginya dengan ibadah, zikir, dan doa yang tak pernah padam.

Dengan bertawakal, ia tak ngoyo mengejar dunia tapi juga tidak berpangku tangan. Allah Swt. juga telah berjanji akan memberikan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi seorang hamba yang bertawakal. Dan ingatlah, Allah tak akan mengingkari janji.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya