she.id

Nihayatul Wafiroh, Lantang Tolak Kenaikan Iuran BPJS

Nihayatul Wafiroh, Lantang Tolak Kenaikan Iuran BPJS
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh (Foto: dpr.go.id/Jaka/mr)

She - Kisruh kenaikan tarif BPJS terus bergulir. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh, mengancam tak akan mengadakan rapat bersama dengan Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan jika pemerintah bersikukuh dengan Perpres 75/2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang berisi kenaikan iuran BPJS.

Dengan suara lantang, Ninik, sapaan akrab politisi dari Fraksi PKB ini menyebut rapat antara DPR dan Kemenkes yang membahas kenaikan tarif BPJS sudah tidak memiliki harga diri lagi.

Dalam rekaman TV Parlemen, terlihat Ninik tegas mengkritisi kenaikan iuran BPJS kelas III. “Saya usulkan pimpinan, kalau ini tetap dinaikkan, sampai besok kelas III tetap dinaikkan, kita sepakat tidak akan melakukan rapat dengan Kemenkes dan BPJS Kesehatan, sepakat?” katanya, saat rapat Komisi IX DPR RI bersama dengan Kemenkes dan BPJS Kesehatan, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (6/11/19). 

Kekesalannya bukan tanpa sebab, dalam rapat Komisi IX DPR bersama dengan Kemenkes dan jajarannya pada 2 September lalu telah disepakati iuran BPJS Kesehatan khusus bagi peserta mandiri kelas III tidak dinaikkan.

Dia menilai pemerintah telah mengabaikan putusan raker tersebut, Harga diri DPR RI selaku pengawas dan mitra pemerintah pun dipertaruhkan. “Kayak ga punya harga diri DPR ini. Nggak ada ada sanksi apa pun, masa kita cuma bagian kalau ada (pembahasan) anggaran, pada melas-melas, tolong Bu, ini dinaikkan, ini dinaikkan. Pak, ini tolong dong dirangkum kita tanda tangan. Tapi ketika rakyat menjerit, kita tidak bisa apa-apa,” sesalnya.

“Di situ jelas-jelas tertulis kelas III tidak dinaikkan. Bu Dewi Asmara yang memimpin (rapat). Tetapi (sekarang) tetap dinaikkan, harga diri kita ini apa, lalu kenapa kita masih mau rapat?” tegasnya di hadapan pimpinan sidang yang juga dihadiri Menteri Kesehatan Terawan dan Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris

 

Peduli Perempuan

Siapakah Ninik, sosok politisi perempuan bersuara lantang itu?

Pada laman resmi dpr.go.id, namanya tertulis DR. Hj. Nihayatul Wafiroh, MA. Ia terpilih mewakili masyarakat Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Saat ini, Ninik menjabat Wakil Ketua komisi IX DPR RI juga Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB.      

Nihayatul Wafiroh yang lahir di Banyuwangi 15 Desember 1979 merupakan sosok yang tak asing dengan dunia pesantren dan pendidikan. Perempuan hebat ini adalah cucu KH Mukhtar Syafaat, pendiri Ponpes Darussalam Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi. Ninik pernah mengenyam pendidikan di University Of Hawai’i di Manoa, Amerika Serikat (2009) dan lulus dengan predikat cumlaude.

Sebelum masuk ke ranah politik melalui DPR, Ninik dikenal sebagai aktivis dan akademisi. Ia merupakan dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam STAIDA Blokagung, Banyuwangi sejak tahun 2004. Ninik yang memutuskan menikah muda di bawah usia 20 tahun ini juga aktif di Fatayat NU.

Baca Juga: Bahaya Pakai Sepatu Tapi Tidak Gunakan Kaos Kaki
Bolehkah Menambahkan Nama Suami di Belakang Nama Istri?

Dikutip dari nihayahcenter.net, Ninik concern terhadap isu isu seputar perempuan, Kiprahnya memajukan dan melindungi hak perempuan diawali dengan mendirikan Jami’atul Khoiriyah di sekitar pondok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi tahun 2004, hingga disertasinya berjudul Women’s Agency in Arranged Marriages within the Context of Pesantren yang menyoroti perempuan dalam perjodohan di pondok pesantren.

Ibunda dari Ahmad Kavin Adzka dan Muhammad Aqil Mirza ini juga satu dari tiga anggota dewan yang mengusulkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Istri dari Aslam Saad ini pernah dinobatkan sebagai legislator terbaik tahun 2018 oleh Panggung Indonesia (PI) berdasarkan tiga kriteria yaitu tidak kontroversial atau diduga terlibat korupsi, volume kehadiran yang tinggi dalam setiap rapat DPR, serta aspiratif atau rajin turun ke konstituen.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya