she.id

Kesalahan Finansial Ini Bisa Hancurkan Rumah Tanggamu

Kesalahan Finansial Ini Bisa Hancurkan Rumah Tanggamu
Tabungan terpisah bukan solusi, justru jadi bom waktu.

She - Apakah kamu sering bertengkar dengan pasangan soal uang?

Finansial adalah masalah nomor satu yang paling sering menjadi sumber pertengkaran suami istri. Dan masalah tersebut bisa menjadi penyebab runtuhnya sebuah rumah tangga.

Kita semua memahami bahwa membentuk rumah tangga yang kompak dan harmonis membutuhkan energi yang besar. Kamu bisa jadi sangat mencintai pasanganmu. Tapi ketika harus meleburkan segala sesuatu untuk hidup bersama, termasuk dalam urusan keuangan, ini tentu bukan perkara mudah.

Pengaturan finansial dalam rumah tangga sebenarnya memang tidak ada sistem bakunya. Yang terpenting, istri harus mampu menjadi manajer keuangan yang baik agar pemasukan yang didapat bisa dikelola sebaik mungkin untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dan menyisihkannya untuk ditabung.

Namun menurut financial expert terkenal Amerika Dave Ramsey, ada satu kesalahan finansial yang banyak dilakukan pasangan suami istri, yaitu memisahkan tabungan mereka di bank.

Banyak pasangan berpikir bahwa cara terbaik untuk menghindari perdebatan masalah finansial adalah dengan tetap memiliki tabungan masing-masing.

Segala tagihan dan urusan keuangan suami menggunakan nomor rekeningnya. Demikian juga dengan si istri. Masing-masing membayar tagihan mereka sendiri. Sepintas, memang terlihat tidak ada yang dirugikan. Tapi benarkah demikian?

Menurut Dave, memiliki dua tabungan berbeda justru menciptakan satu ‘bom waktu’ seiring bergulirnya waktu.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Yang perlu kamu ingat adalah pernikahan itu adalah sebuah partnership. Ketika dua menjadi satu. Dua kepala harus dapat berpikir seirama, berpikir apa yang terbaik untuk “kami” bukan lagi untuk “saya”.

Baca Juga: Siapa Melakukan Ini, Allah Beri Jalan Keluar dari Setiap Masalah
Hati-Hati Puber Kedua!
Masker Putih Telur, Senjata Ajaib untuk Kecantikan Kulit

Suami dan istri harus sama-sama terlibat dalam urusan finansial keluarga. Memisahkan uang dan memisahkan tagihan-tagihan adalah ide yang buruk. Hal itu hanya akan membuat suami istri membutuhkan lebih banyak uang dan memperburuk hubungan suami istri.

Taruhlah uang berdua dalam satu nomor rekening. Mulailah melihatnya sebagai satu kesatuan. Kamu berdua harus mengetahui grand design dari uang tersebut. Berapa yang harus dikeluarkan untuk urusan A, B, dan seterusnya.

Memiliki rekening bersama melatih kamu berdua untuk bertanggung jawab dan disiplin mengelola keuangan. Masing-masing pihak menyadari bahwa mereka memiliki tujuan di masa depan yang ingin diwujudkan sebaik mungkin. Entah dalam urusan rumah, pendidikan anak, maupun kesejahteraan di masa tua.

Boleh-boleh saja memiliki lebih dari satu rekening di bank berbeda untuk memisahkan berbagai pos kebutuhan. Yang terpenting, harus jujur, transparan, dan kamu berdua memiliki akses yang sama ke beberapa rekening tersebut.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya