she.id

3 Jurus Ampuh Jadikan Hidupmu Aman Secara Finansial

3 Jurus Ampuh Jadikan Hidupmu Aman Secara Finansial
Disiplinkan dirimu untuk agar jauh dari masalah keuangan (muslimlifecoachacademy)

She - Hidup aman finansial tentulah jadi keinginan setiap manusia. Ketika kamu merasa aman secara finansial, hidup menjadi lebih tenang dan kamu bisa fokus untuk menjalani hidup sebaik-baiknya.

Tapi kamu tidak menyadari, para pengusaha ternama sekali pun, kamu mungkin akan ternganga mengetahui besarnya utang mereka di bank. Ya, kehidupan mewah yang kamu lihat belum tentu membawa ketenangan bagi pemilik harta itu.

Banyak cara untuk menciptakan kehidupan finansial yang sehat. Berikut ini She berikan 3 jurus ampuh untuk membuat hidupmu aman secara finansial, dikutip dari technofaq.org.

Lunasi Utang

Berutang bisa jadi sangat mudah dilakukan. Ada banyak saudara juga teman yang bisa membantu saat kamu memerlukan bantuan finansial yang mendadak. Begitu juga dengan bank, banyak jenis loan yang bisa kamu dapatkan sebagai solusi keuangan.

Yang harus dipikirkan adalah membayar utang ternyata tidak semudah meminjamnya. Rasanya sangat berat ketika uang yang kamu dapatkan harus ‘hilang’ begitu saja untuk membayar pinjaman.

Dalam agama Islam, utang juga menjadi satu hal yang berat perhitungannya. Utang tidak boleh dianggap sepele karena dapat menghapus kebaikan seorang Muslim bahkan menggagalkannya masuk ke surga.

Karena itulah, jangan sembarang berutang. Jangan berpikir hanya sejumlah kecil, karena jika kamu terus-menerus berutang jumlahnya akan menjadi besar tanpa kamu sadari.

Demikian juga peminjaman uang di bank. Sadarkan dirimu betapa kamu merugi diharuskan membayar berkali-kali lipat dari jumlah uang yang kamu pinjam. Dan tentu saja, dosa riba yang mengintai.

Jika terlanjur berutang, disiplinkan dirimu untuk membayarnya. Buatlah target untuk bisa melunasi utang sesegera mungkin. Alokasikan pembayaran utang sebagai prioritas keuanganmu. Begitu kamu terbebas dari utang, percayalah, saat itu kamu akan merasa menjadi orang paling bebas dan bahagia.

Baca Juga: Malas Mencatat Pemasukan-Pengeluaran, Hati-Hati di Hari Kiamat
Hukum Memakai Cincin Menurut Rasul

Jangan Impulsif

Para perempuan terutama, seringkali bertindak impulsif saat berada di pusat perbelanjaan. Ada saja barang-barang yang dibeli padahal sebelumnya tidak terlintas sedikit pun untuk membelinya. Terlebih lagi jika sedang ada pesta diskon.

Kamu harus menyadari betapa ‘rapuh’nya kamu jika pergi ke pusat perbelanjaan dan berisiko melakukan impulse buying. Jadi, jangan pergi ke mal jika kamu hanya ingin jalan-jalan, bersantai, dan bertemu teman. Hei, kamu bisa melakukan kegiatan lain untuk bersenang-senang tanpa harus masuk mall.

Berolahraga, melakukan hobi, atau jika ingin mencari tempat hangout, bisa langsung ke rumah teman atau sekadar café—yang bukan berada di dalam mal.

Ketika kamu sudah mampu mengendalikan emosi untuk tidak menjadi seorang impulsif dalam urusan belanja, kamu akan merasakan betapa keuanganmu akan aman terkendali. Dan efeknya, kamu pun bisa lebih leluasa memenuhi kebutuhan hidupmu.

 

Dapatkan Pekerjaan Baru

Ketika kamu sudah merasa ‘berat’ untuk berangkat ke kantor, itu menjadi tanda kehidupan profesionalmu sudah berada di titik yang tidak nyaman. Entah karena beban pekerjaan yang tidak sesuai dengan job description, merasa kurang dihargai oleh perusahaan, hubungan dengan rekan kerja yang tidak harmonis, atau gaji yang kamu anggap sudah tidak sesuai dengan kebutuhan hidupmu.

Jika memang pekerjaanmu sudah tidak bisa memacumu untuk menjadi pribadi yang lebih maju, carilah pekerjaan baru yang menurutmu bisa lebih menyemangatimu dalam mengisi hidup ini.

Teliti baik-baik track record perusahaan, cakupan pekerjaan, besar salary dan tunjangan, akses transportasi, juga peraturan perusahaan. Pastikan lebih baik dari pekerjaan kamu saat ini. Tentu saja, dengan gaji yang lebih besar, kamu bisa merasa jauh lebih aman secara finansial.

Begitu kamu mulai bekerja di tempat baru, kamu akan punya semangat baru dan kepuasan baru. Insya Allah.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya