she.id

Jadi Stafsus Jokowi, Angkie Yudistia Runtuhkan Stigma Disabilitas

Jadi Stafsus Jokowi, Angkie Yudistia Runtuhkan Stigma Disabilitas
Berjuang menuju Indonesia inklusif yang ramah disabilitas (Instagram @angkie.yudistia)

She - Siapa Angkie Yudistia yang terpilih jadi Staf Khusus Presiden Jokowi?

Sosok kelahiran 5 Juli 1987 ini selama ini dikenal sebagai sociopreneur sekaligus pejuang. Sebagai penyandang disabilitas, Angkie berhasil menembus batas yang selama ini dianggap mustahil oleh banyak orang. Ia mendirikan Thisable Enterprise untuk memberdayakan para disabilitas memperoleh pekerjaan dan memiliki keterampilan.

Hebatnya, Thisable berhasil menyalurkan SDM penyandang disabilitas untuk bekerja di sejumlah perusahaan, termasuk BUMN. Angkie juga bekerja sama dengan Gojek Indonesia mempekerjakan para disabilitas. Mereka juga berwirausaha dengan membuat produk kecantikan. Menurut Angkie, teman tuli adalah aset negara yang juga memiliki hak untuk maju.

Thisable kini telah berjalan delapan tahun untuk memberdayakan disabilitas dalam bidang riset, pusat pelatihan, dan pengembangan SDM. Angkie bahkan telah membuat sistem rekrutmen resmi untuk penempatan pekerja formal untuk alokasi outsourcing dan head hunter.

Penulis buku Perempuan Tunarungu Menembus Batas dan Become Rich as Sociopreneur itu memaknai hidupnya untuk menjadi bermanfaat bagi sesama, sesuatu yang sebelumnya dianggap mustahil bagi penyandang disabilitas. Tapi, perempuan berusia 32 tahun itu berhasil meruntuhkan stigma itu.

Angkie kehilangan pendengarannya saat berusia 10 tahun. Dugaan sementara, kondisi itu diakibatkan obat-obatan antibiotik yang dia konsumsi selama mengidap malaria. Sejak itu hingga remaja, Angkie dihinggapi rasa tidak percaya diri dan tertekan.

Setelah lulus dari SMA 2 Bogor dan melanjutkan kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi London School of Public Relations, Jakarta, barulah pemikiran Angkie mulai terbuka. Dia mulai menyadari bahwa untuk bisa menikmati hidupnya, dia harus bisa menerima kekurangan dirinya.

Benarlah. Banyak orang mengapresiasi kejujuran Angkie dan membantunya meraih mimpi. Di tahun 2008 misalnya, Angkie masuk menjadi finalis Abang None Jakarta juga terpilih sebagai “The Most Fearless Female” versi sebuah majalah perempuan.

Baca Juga: Sosok Inovatif, 7 Anak Milenial Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi
Putri Tanjung, Suarakan Pentingnya Pendidikan dan Kerja Keras

KIni, ibu dua anak ini dipilih Presiden Jokowi untuk fokus di bidang sosial dan menjadi Juru Bicara bidang Sosial. Dia berterima kasih pada Presiden karena diberi kesempatan yang sangat mulia untuk membangun negeri ini dan meminta masyarakat mendoakannya bisa menjalankan amanah tersebut dengan baik.

“Saya siap membantu Presiden menuju Indonesia inklusif yang ramah disabilitas," tulisnya dalam laman Instagram @angkie.yudistia.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya