she.id

BMKG: Waspadai Musim Pancaroba

BMKG: Waspadai Musim Pancaroba
Siap-siap hujan lebat disertai angin kencang, dan petir.

She - Musim hujan dimulai. Beberapa wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat dengan angin kencang dan petir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bulan ini memasuki musim pancaroba atau pergantian musim.

Tiga fenomena dalam peralihan musim kemarau ke musim hujan adalah hujan lebat, hujan es, juga angin kencang atau puting beliung.

Hal tersebut dikarenakan awan cumulonimbus yang menjulang sangat tinggi akibat daya konvektif yang besar saat pancaroba. Menurut BMKG, tiga fenomena tersebut bersifat acak dan sulit diprediksi secara presisi.

BMKG meminta pihak berwenang di seluruh daerah di Indonesia untuk selalu berkoordinasi dalam mengantisipasi dan mengatasi mitigasi bencana selama musim pancaroba. Termasuk mengecek kebersihan drainase di lingkungan permukiman dan penebangan pohon yang tua dan rapuh.

Baca Juga: 3 Jurus Ampuh Jadikan Hidupmu Aman Secara Finansial
Malas Mencatat Pemasukan-Pengeluaran, Hati-Hati di Hari Kiamat

Para warga diimbau untuk mengecek kondisi rumah untuk memastikan tidak ada kebocoran maupun saluran air tersumbat untuk menghindari banjir.

Nah, sahabat She, bersiap menyambut musim pancaroba tidak hanya dalam urusan lingkungan. Kamu juga harus menjaga kesehatan diri agar tidak mudah terjangkit penyakit-penyakit yang mengintai selama pergantian musim. Makan makanan bergizi seimbang dan mengkonsumsi supplemen untuk proteksi tubuh yang lebih kuat.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya