she.id

Aljazair, Negara Indah Untuk Dikunjungi. Ketahui 5 Hal Ini Dulu!

Aljazair, Negara Indah Untuk Dikunjungi. Ketahui 5 Hal Ini Dulu!
Martyr's Memorial in Algiers, Algeria (source: flickr.com)

She -Aljazair merupakan Negara terluas di Afrika dan memiliki pemandangan yang sangat beragam loh ladies. Mulai dari eksotisme gurun Sahara di Selatan, pantai topis di sepanjang laut Mediterranean ke Utara, pegunungan tinggi yang jadi surga bagi para pendaki, hingga wisata ski salju selama musim dingin tiba. Asik kan!

Negara yang juga bekas jajahan Perancis ini, mengadaptasi situs-situs pariwisata dan bentuk arsitektur nya di perkotaan. Karena itulah, kamu justru akan merasa sedang jalan-jalan di Perancis dibandingkan di salah satu negara Afrika.

Nah berikut ini, she.id telah merangkum 5 hal penting yang harus kamu tahu sebelum mengunjungi Aljazair:

  1. Visa

Negara lain pada umumnya, mengharuskan calon pendatang mengajukan visa secara online, berbeda dengan kedutaan besar Aljazair yang hanya dapat menerima pengajuan visa secara offline atau hardcopy, yang dikrimkan langsung via pos ke kantor kedutaan besar di Jakarta. Informasi lengkap mengenai persyaratan, biaya, jenis visa yang kamu inginkan tertulis lengkap di website resminya https://emb-algeria.org/visa-application/

Penting untuk diketahui bahwa Aljazair merupakan salah satu anggota Arab League yang tidak mengakui kedaulatan Israel, maka pengajuan Visa bagi warga Israel akan tertolak untuk memasuki Aljazair, begitu pula dengan mereka yang pernah mengunjungi Israel, secara otomatis akan terlihat dari stempel petugas imigrasi setempat di paspor kamu.

   2. Bahasa

Bahasa Arab dan Bahasa daerah Berber adalah 2 bahasa resmi di Aljazair. Namun karena telah lama dijajah Perancis, masyarakat pada umumnya juga dapat berbahasa Perancis. 

Faktanya, Bahasa Inggris bukan merupakan Bahasa yang umum digunakan sehari-hari oleh masyarakat Aljazair. Maka akan lebih baik jika kamu mempelajari dasar-dasar Bahasa Arab atau Perancis, maka kamu akan lebih mudah memahami tanda lalu lintas, atau sesederhana menu di restoran.

3. Keamanan

Nah, informasi keamanan ini juga menjadi info yang paling penting nih, ladies. Karena kalau kamu coba googling tentang Keamanan di Aljazair, maka ada banyak sekali artikel atau informasi tentang terorisme, penculikan, deskriminasi terhadap kaum perempuan dan sebagainya.

Cukup bikin deg-deg an ya..

Tapi tunggu dulu, Aljazair adalah negara yang sangat besar. Titik-titik rawan grup teroris hanya terkonsentrasi di perbatasan Libya, Mauritania, Mali, dan Nigeria. Tentara pengamannya juga cukup ketat. Jadi ketika kamu datang ke Aljazair, secara otomatis mereka akan melarang kamu untuk ke sana.

Penculikan dan diskriminasi yang banyak ditulis di media, hanya ada di beberapa titik rawan saja. Sebagian besar situs pariwisata Aljazair sangat aman dan ramah kepada para turis asing. Mereka juga punya slogan yang sama bagi turis asing manapun yang kita kenal dengan anda sopan kami segan. Jadi jangan khawatir ya, ladies!

Two men smiling with like-hand wearing traditional Algerian clothes captured on the street of Djelfa, Algeria (source: shutterstock.com/imadldk)

4. Makanan

Seperti halnya di negara-negara Arab lain, Aljazair juga memanjakan penikmat masakan dengan daging-dagingan berkuah kari yang lezat. Namun sepertinya, kamu akan kesulitan mencari nasi karena bahan makanan pokok Aljazair adalah couscous (terbuat dari gandum) dan roti baguette.

Citarasa dan pilihan makanan Aljazair ini sangat unik loh, karena kebudayaan Aljazair ini penyatuan dari Arab, Eropa, dan Turki. Maka, kamu pun akan mudah menemukan makanan dan snack khas Arab, Perancis, Spanyol, dan Turki.

couscous khas Aljazair (source: westernunion.com)

Baca Juga: Makanan Halal yang Harus Kamu Cicipi Jika Berkunjung ke Korea
Toko Ini Sewakan Kimono dengan Hijab Khusus Buat Wanita Muslim

5. Listrik

Nah ini nih informasi paling sederhana tapi paling penting untuk diketahui. Tanpa listrik, alat-alat yang buatmu eksis seperti kamera, handphone dan laptop akan terganggu aktivitasnya, kan.

Aljazair menggunakan steker (colokan listrik) standar Eropa ya ladies, atau lebih tepatnya tipe steker F dan C. Sama seperti yang ada di Indonesia, jadi aman kok, kalau bawa kabel charger yang biasa kamu pakai.

Steker Tipe C (source: google.com)

Nah, itu dia ladies, 5 hal yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung ke Aljzair versi she.id. Ingat, ada 4 musim di Aljazair, jadi pastikan kamu riset lebih lengkap untuk persiapan packing-mu ya. Jangan sampai salah musim.

Nah, tertarik untuk mengunjungi Aljazair untuk liburan tahun baru 2020?

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya