she.id

DNA 21: Menjalin Ukhuwah, Menebar Manfaat

DNA 21: Menjalin Ukhuwah, Menebar Manfaat
Persaudaraan mendalam tanpa batas waktu (Foto: @dymalahayati)

She - Banyak hal yang melatari hadirnya sebuah komunitas. Salah satunya kesamaan almamater.

Seperti komunitas DNA 21 ini. Anggotanya merupakan para santri Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta angkatan ke-21 (1992-1998).

DNA 21 yang merupakan singkatan dari Darunnajah Angkatan ke-21 ini, memiliki 200-an anggota yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Kebersamaan yang semakin kukuh karena tumbuh dan mendewasa bersama. (foto: @dymalahayati)

Saat ini, mayoritas anggotanya merupakan profesional di berbagai bidang, dengan kisaran usia 38 – 41 tahun.

Ada yang berprofesi sebagai pengasuh pondok pesantren, akademisi, dokter, pilot, guru, pengusaha property, pemilik pusat perbelanjaan,  travel agent, pejabat di kementerian, motivator, koki, fotografer, penulis, aktivis, fashion & hijab expert, hingga aktivis sosial.

Selain menggelar pertemuan rutin, berupa halal bi halal dan buka puasa bersama, DNA 21 juga memiliki klub-klub yang mewadahi hobi dan minat anggotanya. Sebut saja klub futsal, klub religi yang memfasilitasi kajian-kajian spiritual dan kegiatan kemanusiaan, juga klub finance yang mewadahi bidang entrepreneurship dan pendidikan financial management.

DNA 21 menyelenggarakan Reuni Akbar, tepat di tahun ke-21 kelulusan mereka dari Pondok Pesantren Darunnajah, pada 10 November 2019, bertempat di Bumi Bambini Ciputat, Tangerang Selatan.

Serunya berlomba sambung mahfuzhot (peribahasa dalam bahasa arab) di Reuni Akbar DNA 21 (foto: @dymalahayati)

Reuni Akbar ini dihadiri lebih dari 150 anggotanya. Tidak hanya menjadi ajang silaturahim akbar sesama angkatan 21, reuni ini juga mempertemukan para anggota komunitas dengan guru-guru yang membimbing mereka semasa mondok.

Baca Juga: Serunya Berhijrah Bareng Terang Jakarta
Indonesia Sharia Economic Festival: Halal Sebagai Gaya Hidup

Selain temu kangen, Reuni Akbar ini juga menggelar khatam quran sebanyak 21 kali. Khataman ke-21 dilangsungkan di kediaman Pengasuh Ponpes Darunnajah Ulujami, KH. Mahrus Amin, sebelum acara reuni.

Bersama KH. Mahrus Amin, menggelar khatam Alquran ke-21 oleh anggota DNA 21 (foto: @dymalahayati)

“Reuni Akbar ini menjadi ajang menyatukan visi demi memperkuat gerak kiprah DNA 21 dalam menebar manfaat untuk masyarakat di masa mendatang,” ujar Ahmad Saefullah, Ketua Komunitas DNA 21.

Ukhuwah yang terjalin di antara para anggota terjalin sejak 21 tahun silam. Mereka tumbuh dan mendewasa bersama. Saling membantu dan saling menjaga. Saling mendukung, juga saling mengingatkan. When you need a shoulder to cry on, sahabat Darunnajah menjadi orang pertama yang dicari untuk mendapatkan solusi. Dan itu tetap dilakukan sampai hari ini.

Kehidupan pesantren mengajarkan santrinya untuk bisa mandiri. Tidak hanya tentang hidup sendiri, jauh dari orangtua dan keluarga. Tetapi lebih kepada bagaimana mereka bisa memotivasi diri untuk bisa menyerap ilmu sebanyak mungkin. Bagaimana mereka bisa menguasai berbagai keterampilan yang diajarkan para asatiz (guru). Juga bagaimana mereka membentuk diri menjadi pribadi yang berakhlak karimah serta memelihara hablumminallah dan hablumminannas dengan baik. Semua menjadi bekal untuk menjalani kehidupan selepas lulus dari pesantren.

Sesuai dengan visi "Menjalin Ukhuwah, Menebar Manfaat", saatnya DNA 21 dapat lebih berkontribusi untuk umat. Kekompakan yang terjalin selama dua dekade lebih ini diharapkan dapat semakin kukuh, bermanfaat, dan tidak lekang oleh waktu. Saudara untuk selamanya.

(Teks: @indriyani_permatasari | Foto: @dymalahayati, @keumalafoto)

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya