she.id

Mundur dari Gojek, Nadiem Makarim Masuk Rising Stars TIME 100

Mundur dari Gojek, Nadiem Makarim Masuk Rising Stars TIME 100
2019, tahun bersinar bagi Nadiem Anwar Makarim

She - Majalah TIME merilis 100 nama yang dinilai berkontribusi positif membentuk masa depan dunia (14/11/19). Satu-satunya anak bangsa yang masuk daftar itu: Nadiem Makarim, pendiri startup Gojek.

Hebatnya, nama Nadiem masuk dalam kategori Leaders. Ia disejajarkan dengan Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada dan Menteri Lingkungan Hidup Jepang Shinjio Koizumi.

TIME menulis bahwa kesediaan Nadiem mengabdi untuk negerinya dengan menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf lima tahun ke depan, akan membawanya menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

Sejak 15 tahun lalu, TIME’s 100 Most Influential People didominasi pemimpin seperti kepala negara, CEO perusahaan publik, pemimpin yayasan global, juga aktor dari film-film box office. Mereka menduduki posisi mereka dari proses pemilihan pada umumnya.

Baca Juga: 3 Jurus Ampuh Jadikan Hidupmu Aman Secara Finansial
Malas Mencatat Pemasukan-Pengeluaran, Hati-Hati di Hari Kiamat

Namun saat ini, TIME melihat bahwa untuk menjadi agent of change yang aktif melakukan perubahan untuk dunia, menjadi viral dan memobilisasi massa ,tidak selalu harus duduk di kursi pimpinan suatu pemerintahan atau lembaga resmi. Salah satu contohnya adalah aktivis lingkungan berusia 16 tahun Greta Thunberg yang dikenal dengan gerakan #FridaysforFuture.

Kategori lain dalam daftar tersebut meliputi penemu, artis, pengacara, dan tokoh fenomenal. Salah satu yang masuk dalam daftar di kategori Phenom adalah girlband asal Korea Selatan, Black Pink.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya