she.id

Jatuh Bangun Raisa: Dari Kevin Aprilio, RAN, Hingga Solo Karir

Jatuh Bangun Raisa: Dari Kevin Aprilio, RAN, Hingga Solo Karir
Satu dekade perjuangan menuju kesuksesan (@raisa6690)

She -  

Penyanyi cantik bersuara khas Raisa Andriana siap menggelar Raisa Live in Concert di Stadion Utama Gelora Bung Karno tanggal 27 Juni 2020. Itu berarti, Raisa akan menjadi penyanyi perempuan pertama yang berkonser di GBK berkapasitas 50 ribu penonton!

Konser akbar itu digelar sebagai tanda syukur atas 10 tahun perjalanan karir perempuan berambut indah itu di dunia musik Indonesia.

Hampir satu dekade bermusik, Raisa berhasil memenangkan banyak penghargaan.

Di antaranya: Penyanyi Pendatang Baru Terbaik Anugerah Musik Indonesia 2012, Penyanyi Solo Wanita Pop Terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2014, Female Singer of The Year Indonesian Choice Awards 2014, 2017, dan 2018.

Di pentas internasional, namanya pernah merebut Best Asian Artist di Mnet Asian Music Awards 2015.

Tapi, apakah Sahabat She tahu seperti apa perjuangan seorang Raisa untuk bisa mencapai posisi sekarang?

Tahun 2008. Raisa sempat menjadi vokalis dari band yang digawangi Kevin Aprilio; Andante dan mengeluarkan beberapa single. Kemudian, posisinya digantikan Widy Soediro yang dinilai memiliki jenis vokal yang lebih sesuai dengan konsep band tersebut. Band itu pun berganti nama menjadi Vierra.

Di tahun yang sama pula, Yaya-panggilan akrabnya-pernah mendampingi grup musik RAN dengan menjadi backing vocal di ajang JavaJazz. Dari sanalah ia mengenal Astana Handoko (Asta RAN) yang kemudian memproduseri album perdananya.

Tahun 2011. Raisa merilis album perdananya yang berisi sembilan lagu, Raisa. Single Apalah (Arti Menunggu) dan Could It Be meledak hingga ia menjadi pendatang baru favorit di dunia musik.

Tahun 2013. Album Heart to Heart dirilis dengan karakter vokal yang lebih matang.

Tahun 2015. Raisa didaulat Disney menyanyikan soundtrack film Cinderella dalam bahasa Indonesia, Mimpi Adalah Harapan Hati. Rasanya seperti mimpi, kata Raisa kala itu, karena film dan lagu tersebut merupakan favoritnya sejak kecil.

Tahun 2016. Raisa merilis album ketiganya, Handmade. Di album ini, Raisa berduet dengan Afgan untuk lagu Percayalah yang menjadi soundtrack film London Love Story.

Tahun 2018. Yaya merilis single bareng Dipha Barus bertajuk My Kind of Crazy dan Mine.

Sempat vakum untuk persiapan melahirkan si buah hati, kelahiran Zalina Raine Wyllie pada Februari 2019 membuat Raisa begitu menikmati perannya sebagai ibu. Namun kecintaannya pada dunia musik membawanya come back pada Juli 2019.

Baca Juga: Ini Kriteria Calon Istri Atta Halilintar
Mundur dari Gojek, Nadiem Makarim Masuk Rising Stars TIME 100

Single Kembali dan You yang menandai come back-nya, seolah menandai kedewasaan Raisa dalam bermusik. Dua lagu yang ‘berbeda’ dari nuansa pop yang selama ini lekat dengannya. Congrats, Yaya!

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya