she.id

Serunya Nonton Dongeng Si Kancil ala Mendikbud Nadiem dan Istri

Serunya Nonton Dongeng Si Kancil ala Mendikbud Nadiem dan Istri
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto/Antara)

She - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengadakan Hari Mendongeng Nasional yang merupakan bagian dari Pekan Perpustakaan Kemendikbud 2019. Yang menjadikan hari mendongeng itu spesial adalah para siswa menyaksikan langsung Menteri Nadiem Makarim dan sang istri, Franka Franklin, mendongeng cerita anak.

Mendikbud menekankan pentingnya imajinasi sebagai salah satu kunci kesuksesan di masa depan. Tanpa imajinasi, tidak ada kreativitas. Lihat saja, banyak hal yang ada di dunia ini berawal dari imajinasi.

Mendongeng menjadi satu bentuk kegiatan untuk merangsang imajinasi berpikir anak. Tak hanya itu, kegiatan mendongeng sebelum tidur juga menambah kuat bonding orangtua dan anak.

Baca Juga: Segudang Profesi Halima Aden: Model Top, Aktivis, Hingga Desainer
3 Jurus Ampuh Jadikan Hidupmu Aman Secara Finansial

“Mohon orangtua mendongeng setiap malam. Tidak hanya ibu, tapi bapak pun harus berpartisipasi,” kata Menteri Nadiem.

Mendikbud menjelaskan bahwa pendidikan anak bukan semata tanggung jawab ibu melainkan juga bapak. Keduanya harus bersinergi dalam mendidik anak, termasuk mendongeng.

Selain menjadi sumber imajinasi, dongeng juga memotivasi anak untuk mencintai buku.

Tak hanya menyuruh orangtua untuk mendongeng, Mendikbud pun memberi contoh langsung mendongeng di depan anak-anak yang hadir. Gaya mendongeng Nadiem pun banyak dipuji.

Franka Franklin mendongeng untuk anak-anak di Perpustakaan Kemendikbud (foto: dok Kemendikbud)

Yang tak kalah mengagumkan adalah gaya Franka saat mendongeng Kancil Bukan Anak Nakal di hadapan puluhan siswa. Dengan kemeja putih dan makeup natural, istri Nadiem itu asyik mendongeng tanpa terlihat canggung. Sesekali ia berinteraksi langsung dengan para siswa.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya