she.id

Ciri-Ciri Orang Beriman Tapi Sangat Jauh dari Rabb-nya

Ciri-Ciri Orang Beriman Tapi Sangat Jauh dari Rabb-nya
Berbuat maksiat menjauhkan dari iman

She - Kita beranggapan bahwa ketika mengaku beriman, maka otomatis kita akan menjadi hamba yang dekat dengan Allah Swt. Anggapan itu ternyata salah.

Ada orang-orang yang mengaku beriman kepada Allah tapi dalam realitasnya mereka tidak mau mendekat kepada Rabb mereka. Yang mereka lakukan adalah keburukan dan kemungkaran, bertolak belakang dengan keimanan mereka.

Apa saja ciri-cirinya?

 

Orang yang salat tapi tetap mengerjakan maksiat

Hmmm….kamu harus memperbaiki niat dan tata cara kamu melakukan salat jika ternyata salat yang kamu kerjakan setiap hari itu tidak menghindarkanmu dari melakukan perbuatan maksiat.

Bagaimana mungkin mendirikan salat tapi sering melawan perkataan orangtua? Bagaimana mungkin mendirikan salat tapi berkata yang menyakitkan hati orang lain?

Resapi kembali keimanan dan keislamanmu agar kamu menyadari bahwa salat bukan sekadar menggerakan anggota tubuh menghadap kiblat. Salat harus membuatmu menjadi hamba yang senantiasa membawa rahmat bagi segenap manusia.

Barang siapa yang melaksanakan salat, lantas salat tersebut tidak mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, maka ia hanya akan semakin menjauh dari Allah.” (Dikeluarkan oleh Ath Thobari dengan sanad yang shahih dari jalur Sa‘id bin Abi ‘Urubah dari Qotadah dari Al Hasan)

 

Orang berhati keras

Pemilik hati keras adalah mereka yang banyak berbicara tapi sangat sedikit mengingat Allah. Mereka memilih untuk tidak mau berkontemplasi, tidak mau meresapi keimanan mereka.

Ketika kamu memilih untuk menyibukkan diri dengan dunia yang tiada akhirnya, maka kamu memilih jalan untuk menjauh dari Allah. Hati, perlahan-perlahan tenggelam dalam hiruk-pikuk dunia.

Janganlah kalian banyak bicara tanpa berdzikir kepada Allah Ta’ala. Sesungguhnya, banyak bicara tanpa dzikir kepada Allah Ta’ala bisa menjadi sebab kerasnya hati. Dan sejauh-jauh seorang hamba dari Allah adalah mereka yang keras hatinya.” (H.R. Imam at-Tirmidzi dan Imam al-Baihaqi)

Baca Juga: Ingin Cepat Menikah, Pastikan Dulu Mentalmu Siap Untuk Ini!
Mengerikan, Ini Ciri-Ciri Istri Durhaka

Orang yang pelit

Orang yang enggan membantu orang lain, sama saja memilih untuk menjauh dari lingkungannya. Padahal, satu orang musuh akan sangat mudah menghancurkan kita.

“Orang yang bakhil jauh dari Allah, jauh dari Surga, dan jauh dari manusia“. (HR. At-Tirmidzi)

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya