she.id

3 Pesan Indah Surah Maryam: You’re Not Alone!

3 Pesan Indah Surah Maryam: You’re Not Alone!
Ilustrasi perempuan yang berbahagia dan bersyukur dengan keadaannya (foto: Sina Bigdeli)

She - Tahukah kamu, Surah Maryam, surah ke-19 dalam Alquran, adalah sumber motivasi yang sangat kuat untuk bisa menyemangatimu.

Bagi kamu yang mengalami kesulitan hidup, keimanan yang menurun, atau juga kekecewaan terhadap banyak hal dalam hidupmu, kamu bisa ‘berkaca’ dari pengalaman Siti Maryam dalam surah tersebut.

Surah Maryam berisi hal-hal bijak yang bisa diresapi umat Islam demi memperkuat hubungan mereka dengan Allah Swt. Dengan memahami ayat-ayat dalam Surah Maryam, insya Allah perjalanan spiritualmu akan penuh dengan hikmah. Dan hikmah itulah yang membawamu untuk kuat menghadapi segala cobaan.

Inilah tiga pesan indah dari Surah Maryam, dikutip dari Muslimgirl.com.

 

  • Allah tidak pernah mengabaikan hamba-Nya

Saat Maryam mengandung hingga kemudian melahirkan Isa, ia menjauhkan diri dari keluarga dan masyarakat. Setelah kesakitan saat melahirkan, Maryam singgah di sebuah perkebunan. Dia sangat kelelahan bahkan merasa ajalnya akan datang. Namun bayi itu, Isa, men

Dia (Malaikat Jibril) berkata, “Demikianlah, Tuhanmu berfirman, “Hal itu mudah bagi-Ku dan agar Kami menjadikannya suatu tanda (kebesaran Allah) bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah satu urusan yang sudah diputuskan.”

 

  • Allah menghapus kesulitan hamba-Nya dari jalan yang tidak diduga

Kamu tentu mengingat kisah Nabi Zakaria. Ia dan istrinya tidak memiliki keturunan sampai usia lanjut. Tapi, Zakaria tetap istiqamah dan keimannya pun tak pernah goyah sedikit pun kepada Allah Swt.

Hikmah dari ayat ini adalah manusia hendaknya bersabar jika rencananya tertunda atau doanya belum dikabulkan oleh Allah, karena Allah adalah sebaik-baik perencana di alam semesta dan Dia telah menjamin untuk mencukupi segala hajat hamba-Nya. Dan Allah pun menghapus kesulitan hati Zakaria setelah Allah memberi Zakaria dan istrinya seorang anak.

(Allah) berfirman, “Demikianlah. “Tuhanmu berfirman, “Hal itu mudah bagi-Ku; sungguh engkau telah Aku ciptakan sebelum itu, padahal (pada waktu itu) engkau belum berwujud sama sekali.”

 

Baca Juga: 3 Jurus Ampuh Jadikan Hidupmu Aman Secara Finansial
Ciri-Ciri Orang Beriman Tapi Sangat Jauh dari Rabb-nya

  • Perempuan bisa menduduki posisi mulia dalam Islam

Dalam Alquran, para Nabi dan Rasul adalah laki-laki. Namun, dalam kasus Maryam, Allah memperlihatkan bahwa perempuan pun bisa menjadi “orang salih” yang mulia dalam Islam juga memiliki karamah yaitu melahirkan anak tanpa memiliki suami, berbekal keimanan dan ketakwaannya. Bahkan, namanya diabadikan menjadi nama sebuah surah dalam Alquran.

Maka perempuan jangan berkecil hati bahwa Allah tidak akan mendengar jeritan hatimu yang termaktub dalam doa, dzikir, dan sujudmu. Laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi ahli surga.

“Mereka itulah orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu dari (golongan) para Nabi dari keturunan Adam, dan dari orang yang Kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil (Yakub) dan dari orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih kepada mereka, maka mereka tunduk sujud dan menangis.”

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya