she.id

Wajib Tahu, Ini Beberapa Jenis Penyakit Autoimun

Wajib Tahu, Ini Beberapa Jenis Penyakit Autoimun
Kenali gejalanya agar kamu bisa mendapat pertolongan yang tepat.

She - Penyakit autoimun adalah penyakit yang disebabkan terganggunya sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari Health Line, sistem kekebalan tubuh mampu membedakan sel sehat dan sel rusak/ jahat pada kondisi normal. Namun ketika mengidap penyakit autoimun, kekebalan tubuh keliru mendeteksi sel sehat dan menganggapnya sel rusak. Sistem lalu melepaskan protein autoantibodi yang menyerang sel-sel sehat tersebut.

Untuk memastikan penyakit autoimun, ada serangkaian tes yang perlu dilakukan. Para dokter menggunakan kombinasi beberapa tes dan pemeriksaan fisik untuk mendiagnosis autoimun. Satu contohnya adalah tes Antibodi Antinuklear (ANA) yang harus dijalani pasien.

Hasil tes positif berarti kamu terindikasi mengidap satu penyakit autoimun namun tidak bisa mengonfirmasi jenis penyakit autoimun yang ada di tubuh kamu.

Rheumatoid Arthritis. Sistem kekebalan tubuh menyerang sendi hingga terasa hangat, kemerahan, dan kaku.

Diabetes Tipe 1. Sistem kekebalan tubuh menyerang kemudian menghancurkan sel-sel produsen insulin yang ada di pankreas. Karena insulin bekerja mengatur kadar gula darah, hancurnya insulin membuat tubuh kesulitan mengatur kadar gula darah. Akibat tidak terkontrol, gula darah dapat menyebabkan rusaknya saraf, mata, pembuluh darah, ginjal, hingga jantung.

SLE atau Lupus. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah penyakit autoimun yang menyerang banyak organ tubuh. Lupus bahkan mendapat julukan “penyakit seribu wajah”. Gejalanya mulai dari rasa sakit, kelelahan, dan ruam pada kulit yang umum terjadi.

Dikutip dari WebMD, gaya hidup sehat dapat meningkatkan kualitas hidup penderita Lupus meskipun belum ada obat spesifik untuk mengobatinya hingga tuntas. Pemeriksaan kesehatan yang rutin diiringi olahraga, istirahat yang cukup, makanan bergizi seimbang, dan berhenti merokok akan membuat hidup penderita Lupus lebih baik.

Baca Juga: Cegah Kerutan DIni dengan Bahan Alami Ini, Bikin Awet Muda!
Autoimun, Bahaya ‘Macet’nya Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Psoriasis. Disebut juga radang sendi psoriatik, gejalanya berupa kulit bersisik dan rasa gatal yang hebat. Dikutip dari Health Line, penderita psoriasis juga bisa menyebabkan nyeri pada persendian (arthritis psoriatik)

Multiple Sclerosis. Penyakit ini merusak selubung mielin; lapisan pelindung di sekitar sel saraf pada sistem saraf pusat. Rusaknya selubung mielin akan memperlambat kecepatan pengiriman pesan dari bagian otak hingga sumsum tulang belakang dari dan ke seluruh tubuh.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya