she.id

Perhatikan, Ini Anjuran Islam Soal Mengunyah Makanan

Perhatikan, Ini Anjuran Islam Soal Mengunyah Makanan
Makan jangan terburu-buru (google)

She - Mengunyah menjadi salah satu proses dalam sistem pencernaan yang terpenting karena hal tersebut bisa mempengaruhi nilai makanan yang akan terserap. Dalam agama Islam, proses mengunyah juga memiliki posisi tersendiri.

Bahkan lebih jauh, mengunyah dalam Islam bukan hanya baik dan dianjurkan, tetapi juga merupakan sunnah Rasulullah yang tentu memiliki kebaikan. Mengutip buku 365 Tips Sehat ala Rasulullah karya Mohammad Ali, Rasullulah mencontohkan untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali.

Hal tersebut karena waktu yang cukup untuk mengunyah akan memberi kesempatan enzim amylase yang dikeluarkan air liur menguraikan makanan dengan baik terlebih dahulu, sebelum akhirnya ditelan dan memasuki proses pencernaan di dalam lambung.

Dari informasi tersebut juga dijelaskan, makanan yang diproses lebih lama dan lebih baik pada saat mengunyah berfungsi meringankan kerja lambung. Proses pencernaan menjadi lebih cepat dan tidak mengganggu proses lainnya di kelenjar pencernaan atau usus.

Baca Juga: Konsumsi Satu Sendok Minyak Zaitun Tiap Hari Cegah Demensia
Wajib Coba! Begini Tips Cantik Natural Hanya dengan Alpukat

Dilansir dari buku Tuntunan Lengkap Rukun Islam dan Doa karya Mochamad Syarif, tidak mengunyah makanan dengan baik memungkinkan terjadinya penumpukan bakteri dalam usus. Lebih jauh, hal tersebut bahkan menyebabkan timbulnya bakteri dan membusuknya protein serta nutrisi, hingga gas juga akan bercampur dengan unsur berbahaya lain.

Mengunyah dengan proses singkat juga buruk bagi pasien penyintas jantung. Sebab, pengaruhnya akan langsung menuju otak. Hal tersebut memang berlaku bagi orang sehat, akan tetapi bagi pasien penyintas jantung memiliki efek yang berlebih. Oleh sebab itu, mengunyah dengan baik perlu menjadi kebiasaan sejak sekarang.

Karena pada saat mengunyah, saliva (air liur) dilepaskan oleh tubuh dan menjad lubrikan bagi makanan. Hal tersebut juga menciptakan cita rasa dan zat kimia yang disebut lysozyme yang merupakan disinfektan dan membantu mulut terjaga dari infeksi.

Terakhir, mengunyah secara baik juga memberikan rasa kenyang dan sensasi rasa berlebih pada makanan.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya