she.id

Temukan Wisata Halal Khas Jepang di Chiba

Temukan Wisata Halal Khas Jepang di Chiba
Wisata halal di Jepang kian meluas dan lengkap (halalmedia.jp)

She - Berkunjung ke negara yang mayoritas nonmuslim biasanya membuat turis kesulitan mencari tempat salat maupun restoran yang menyajikan makanan halal. Salah satunya adalah Jepang.

Tapi beberapa tahun belakangan, Jepang sudah melirik potensi pariwisata halal yang juga sedang berkembang di berbagai negara di penjuru dunia. Market khusus membidik umat muslim ini dikembangkan di Prefektur Chiba sebelah timur Tokyo. Terletak 40 km dari kota Tokyo, Prefektur Chiba juga dikenal sebagai kota pelabuhan.

Dirancang sebagai pelopor wisata halal di Jepang, Chiba berbenah untuk menyediakan fasilitas khusus Muslim. Diawali dengan berdirinya lembaga sertifikasi halal pertama bernama Nippon Asia Halal Association di daerah Makuhari, pusat kota Chiba, pada tahun 2014. Prefektur Chiba pun mulai menyediakan beberapa fasilitas muslim mulai dari restoran halal, musala, hingga salon halal. 

Bagaimana akses menuju Chiba? Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk sampai ke kota yang terkenal memiliki transportasi monorail terpanjang di dunia itu.

Dari Bandara Narita menuju Chiba, dapat ditempuh dengan Kereta Express yang menghubungkan Tokyo-Narita, yang disebut dengan NEX Rapid Train. Atau dari bandara internasional Narita, bisa melanjutkan naik kereta JR Sobu jurusan Narita langsung ke Stasiun Chiba.

Selain itu tersedia juga Airport Limousine Bus dari Bandara Internasional Haneda ke Chiba yang bisa dicapai dalam waktu tempuh sekitar 50 menit. Bepergian dengan kereta di Jepang adalah salah satu pilihan yang nyaman karena kereta datang dan pergi dengan tepat waktu.

Jika kamu tiba di Bandara Narita dan hendak menunaikan ibadah salat, bandara ini menyediakan musala masing-masing dua ruangan di setiap terminal dari tiga terminal yang ada. Musala ini cukup nyaman. Tersedia juga fasilitas berwudu serta sekat pemisah untuk jemaah laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: Makanan Halal yang Harus Kamu Cicipi Jika Berkunjung ke Korea
Parah! Taj Mahal Terdampak Polusi

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Chiba Islamic Cultural Center atau CICC. Diresmikan tahun 2016, merupakan hasil penggalangan dana dari masyarakat muslim Jepang dan beberapa negara Islam lain. Di sini juga terletak kantor sertifikasi Halal Jepang alias Nippon Asia Halal Association. Selain menjadikannya tempat kegiatan umat islam, CICC juga menyediakan toko makanan halal.

Tak lengkap rasanya jika bepergian ke suatu negara tanpa mengenal tempat makanan yang menyajikan menu khas setempat. Di Chiba, kamu bisa makan di restoran Kappo Suruga. Restoran yang berlokasi tidak jauh dari Stasiun Chiba ini telah mengantongi sertifikat halal dari Nippon Asia Halal Association dan direkomendasikan oleh Dinas Pariwisata Chiba.

Halal Food juga tersedia toko yang dikelola oleh komunitas Muslim Chiba, yang lokasinya dekat dengan Chiba University. Atau Jika kamu bepergian ke mal, maka AEON Mall Makuhari juga bisa jadi pilihan kamu karena selain menyediakan makanan halal, tersedia musala yang nyaman.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya