she.id

Sering Dihindari, 5 Kacang Ini Ternyata Bisa Bikin Awet Muda

Sering Dihindari, 5 Kacang Ini Ternyata Bisa Bikin Awet Muda
Macam-macam jenis kacang (sumber: beritagar.com)

She - Kamu pasti pernah atau sering dengar anggapan orang tentang kacang yang katanya menyebabkan jerawat, kan? Kata-kata tersebut ada benarnya tapi juga ada salahnya.

Karena jerawat muncul disebabkan dari banyak faktor, seperti hormon, kesehatan kulit, bakteri, atau faktor-faktor lain. Maka dari itu, banyak perempuan menghindari kacang-kacangan.

Padahal kalau diteliti lagi, kacang-kacangan memiliki banyak manfaat, salah satunya manfaat bagi kesehatan kulit.

Nah, kacang-kacangan apa saja sih yang bagus untuk kulit? She.id telah merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Kacang Tanah

Kacang tanah (sumber: parenting.co.id)

Kacang tanah dikenal kaya manfaat. Selain baik untuk kesehatan seperti kesehatan jantung dan mengurangi depresi, kacang tanah juga bisa mengurangi keriput di wajah dan sebagai agen antipenuaan!

Dikutip dari liputan6.com, selain mengandung vitamin E dan vitamin B6, penelitian menunjukkan bahwa terdapat molekul antiviral resveratrol yang tinggi di kacang tanah, yang mana kandungan serupa juga ditemukan pada anggur merah dalam melawan penuaan.

Kandungan ini dapat mengurangi produksi radikal bebas dan meminimalkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Resveratrol ini juga dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan tumor serta kanker kulit. Canggih ya!

2. Almond

Almond (sumber: alphacoders.com)

Kacang ini pasti banyak kamu temukan dalam olahan es krim dan kue. Siapa sangka, kacang jenis ini sangat bermanfaat untuk kulit. Almond adalah salah satu sumber terbaik dari vitamin E yang mampu menutrisi dan melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.

Selain bisa menjadi cemilan sehat, kamu bisa juga rasakan manfaatnya dalam bentuk almond oil yang gampang kamu temukan di mana-mana.

Jika kamu mengkonsumsi dengan rutin, kulitmu bisa bersih dari jerawat, lebih lembap dan bebas penuaan dini. Hanya saja, kacang almond ini cukup padat kalorinya dan sering juga dijadikan camilan diet di sore hari. Karenanya, pastikan kamu konsumsi dalam jumlah secukupnya, ya!

3. Mede (cashew)

Cashew nuts (source: equalexchange.coop)

Jenis kacang ini pasti sering kamu rasakan di dalam olahan cokelat favoritmu, kan! Selain rasanya enak dan mudah digigit, kacang mede kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Kacang mede memiliki kandungan niacin yang dkenal dapat melindungi kulit dari dermatitis. Hebatnya lagi, kacang mede ini dapat juga memaksimalkan penggunaan zat besi dalam tubuh sehingga radikal bebas dapat ditangkis. Jadinya kulitmu akan bebas kerutan, deh!

4. Walnut

Walnut (source: alphacoders.com)

Walnut adalah salah satu jenis kacang yang menyimpan banyak kebaikan Omega 3 loh. Selain dapat memperkuat membran sel kulit, kacang juga dapat mengikat cairan dan nutrisi, serta menjaga kulit dari racun.

Lemak baik yang terkandung pada kacang walnut ini berguna untuk antiinflamasi yang lagi-lagi memiliki peran melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Mirip seperti almond, kacang walnut ini juga dapat kamu rasakan manfaatnya dalam bentuk walnut oil untuk mencerahkan area bawah mata, memberikan efek soothing, dan mencerahkan!

5. Pistachio

Pistachio (source: goodfon.com)

Terakhir, kacang Pistachio yang memiliki kandungan antioksidan paling banyak dibandingkan kacang-kacangan lain.

Selain itu, kacang ini juga kaya kandungan lutein dan zeaxanthin yang keduanya dapat meningkatkan kesehatan mata.

Baca Juga: Pilihan Produk Berbahan Bunga Calendula untuk Kulit Sensitif
Tergila-Gila Lipstik Matte, Ini Yang Harus Kamu Perhatikan

Karena kacang ini memiliki kadar kalori yang cukup padat juga, kamu harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya dalam jumlah besar.

Nah Sahabat She, itu dia 5 kacang-kacangan yang bisa membuat kulitmu awet muda. So, kacang apa yang menjadi favoritmu?

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya